Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menangani Rasa Mual Pada Saat Hamil

Mamaenka - Sebelumnya pernah dengar istilah "morning sickness" kan Bunda? Pada umumnya istilah morning sickness dapat disimpulkan sebagai keluh kesah di periode kehamilan berbentuk rasa muntah dan mual. Untuk beberapa wanita hamil, tanda-tanda ini terberat terjadi di saat pagi dan menyusut pada siang atau sore harinya. Tetapi ada yang merasakannya selama seharian. Intensif tanda-tandanya bervariatif untuk tiap wanita hamil.

Keluh kesah di periode kehamilan ini memengaruhi sekitaran ¾ wanita hamil sepanjang trimester pertama. 1/2 dari jumlahnya wanita hamil alami muntah dan mual. Keluh kesah mual umumnya diawali pada kehamilan umur 6 minggu. Ada yang merasakannya pada usia kehamilan empat minggu dan condong lebih buruk pada bulan selanjutnya.



1/2 dari jumlahnya wanita yang alami mual saat hamil akan berasa betul-betul sehat pada umur kehamilan 14 minggu. Cuma sejumlah kecil ibu hamil yang alami tanda-tanda mual berkesinambungan sampai melahirkan.

Keadaan ini bisa benar-benar mengusik. Bahkan juga rasa mual yang enteng bisa turunkan berat tubuh dan membuat Anda kecapekan dan tidak nyaman. Jika keadaan makin lebih buruk, bahas pada dokter Anda berkenaan tanda-tanda yang Anda rasa dan kemungkinan untuk rekondisinya.

Pemicu Mual Sepanjang Hamil

Tidak dapat dijumpai dengan tentu pemicu mual di periode kehamilan, tetapi kemungkinan karena gabungan dari beragam peralihan fisik yang terjadi pada tubuh, diantaranya:

Depresi

Beberapa wanita secara psikis mempunyai kecondongan alami muntah dan mual sepanjang kehamilan karena tanggapan abnormal pada depresi.

Perut yang peka

Mekanisme pencernaan jadi lebih peka di awal kehamilan. , beberapa riset mengatakan wanita dengan bakteri perut namanya Helicobacter pylori lebih berefek terserang muntah dan mual.

Tingginya indera penciuman dan sensitifitas pada berbau

Secara umum wanita dengan umur kehamilan muda merasakan tidak nyaman secara beragam tipe berbau, misalkan berbau masakan yang ditumis di dapur. Wewangian tertentu langsung memacu refleks muntah. Memang belum sempat dijumpai dengan tentu pemicunya tetapi diprediksi ini muncul karena tingkat estrogen yang lebih tinggi.

Hormon Human chorionic gonadotropin (hCG)

Hormon ini bertambah secara cepat sepanjang babak awalnya kehamilan. Tidak dikenali mengapa hCG berperan pada rasa mual. Keluh kesah mual condong bertambah bersamaan tingginya tingkat hCG.  Maka tingkat hormon yang semakin lebih tinggi mengakibatkan tingkat muntah dan mual makin tinggi.
Estrogen. Hormon ini bertambah secara cepat pada awal saat kehamilan.

Anda lebih berefek alami muntah dan mual bila ada pada keadaan:

Anda memiliki kandungan janin wanita. Riset temukan jika 50 % wanita dengan muntah dan mual yang berat di trimester awalnya memiliki kandungan janin wanita.
Anda mempunyai kisah mabok saat naik kendaraan.
Hamil bayi kembar dua atau lebih. Ini disebabkan karena tingginya hormon hCG, estrogen, dan hormon yang lain. Anda pun berefek alami kasus yang semakin lebih berat dari rerata. Tetapi ini bukan hal yang berjalan mutlak, beberapa wanita yang hamil bayi kembar, ada yang cuma alami sedikit muntah dan mual.
Anda mempunyai kecondongan genetik pada mual sepanjang kehamilan. Bila ibu atau saudara wanita Anda mempunyai keluh kesah kehamilan yang kronis, kemungkinan Anda untuk merasakannya makin bertambah besar.
Anda alami muntah dan mual pada kehamilan awalnya.
Anda mempunyai kisah sakit di kepala migraine.
Anda mempunyai kisah muntah dan mual sebagai efek dari obat pengatur kelahiran. Ini sebagai tanggapan badan pada estrogen.


Satu perihal yang melegakan, Bunda, keluh kesah muntah dan mual yang enteng sampai berat tidak memberikan ancaman keselamatan janin. Tidak jadi masalah jika Anda tidak alami tambahan berat tubuh di trimester pertama sepanjang Anda masih tetap minum dan makan. Nafsu makan Anda akan selekasnya kembali. Anda akan alami tambahan berat tubuh. Bila mual membuat Anda tidak bisa konsumsi makanan imbang, pastikan Anda mendapatkan gizi dari vitamin prenatal.
Langkah Kurangi Mual dan Muntah Saat Hamil

Untuk kurangi keluh kesah muntah dan mual di periode kehamilan, dokter atau bidan akan merekomendasikan yang berikut:

Selalu siapkan camilan seperti biskuit disebelah tempat tidur. Saat Anda terjaga, Anda langsung bisa mengkonsumsinya sedikit lalu istirahat sepanjang 20 sampai 30 menit saat sebelum bangkit dari tempat tidur. Bangun perlahan-lahan, tidak boleh secara langsung berdiri dari tempat tidur.
Konsumsilah makanan dengan jumlah kecil tetapi kerap. Ngemil selama seharian membuat perut Anda tak pernah lapar. Makanan berkarbohidrat ternyaman dimakan saat Anda merasakan mual, tetapi makanan kaya protein tinggi lebih bagus untuk memudahkan tanda-tanda ini.
Tidak boleh tiduran sesudah makan khususnya miring ke kiri karena bisa melambankan proses pencernaan makanan.
Mengonsumsi makanan pada kondisi dingin atau dalam temperatur ruang. Makanan yang panas mempunyai wewangian yang semakin lebih kuat dan bisa memacu rasa mual.
Jauhi makanan dan berbau yang memacu rasa mual. Bila berasa sebagian besar makanan membuat Anda mual, tidak apa makan tipe makanan yang menggugah selera Anda walau tidak ada cukup gizi didalamnya.
Gosok gigi setiap usai makan.
Jauhi makanan banyak mengandung lemak karena dibutuhkan waktu yang lama agar dapat diolah. jauhi makanan pedas, asam, dan gorengan karena bisa membuat iritasi mekanisme pencernaan Anda.
Bila Anda banyak muntah, coba minuman yang mengandung glukosa, garam, dan potasium sebagai alternatif elektrolit.
Memperbanyak minum antara waktu makan. Kemungkinan minuman dingin lebih gampang untuk Anda konsumsi.
Janganlah minum sekalian yang bisa membuat perut berasa penuh, karena bisa hilangkan lapar.
Minum vitamin bersama makanan atau saat sebelum tidur. Anda dapat menanyakan ke dokter jika ingin menukar vitamin yang mengandung zat besi yang semakin lebih rendah. Mineral ini susah untuk diolah mekanisme pencernaan Anda. Bila vitamin kehamilan masih membuat Anda mual, tanya apa Anda dapat stop meminum untuk beberapa waktu sampai rasa mual lenyap.
Peroleh angin segar secara jalan-jalan atau buka jendela.
Anda pun perlu memerhatikan penyebab non-makanan seperti berbau minyak wangi atau perjalanan dengan kendaraan.
Jahe menjadi pengobat alternative untuk menangani merasa tidak nikmat pada perut dan mual. Parut dan seduh di air panas untuk membikin teh jahe, atau juga bisa Anda membeli berbentuk permen.
Hipnotis menjadi langkah efisien menantang rasa mual.
Rasa mual dapat semakin bertambah kronis jika Anda capek, menjadi diamkan badan Anda santai dan istirahatlah pada siang hari sebisa mungkin. Ke bioskop atau berkunjung rekan dapat menyembuhkan depresi dan hilangkan ketaknyamanan yang Anda alami.

Bila Anda tidak alami keluh kesah pada pagi hari, tidak berarti Anda lebih berefek alami keguguran. Walau betul jika wanita hamil yang alami keguguran umumnya tidak alami mual.

Jika bayi atau plasenta tidak berkembang seperti mestinya bermakna Anda mempunyai tingkat hormon yang semakin lebih rendah, hingga Anda tidak alami muntah dan mual. Tetapi banyak pula wanita dengan kehamilan yang normal tetapi tidak mempunyai keluh kesah mual sepanjang trimester pertama. Bila Anda ada pada keadaan itu, kira saja Anda termasuk bumil (ibu hamil) yang untung.