Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Bayi 8 Bulan Kaya Gizi Agar Cepat Gemuk dan Sehat

Makanan bayi 8 bulan agar cepat gemuk -  Seringkali para ibu mengeluh dan merasa stres karena bayi rewel khususnya dalam hal makan. Pemberian MPASI yang dimulai sejak bayi berusia 6 bulan kadang tidak berjalan mulus.

Banyak kasus yang menunjukkan bahwa kendala utama dan paling membuat hati kesal hati adalah bayi lebih memilih ASI dibanding makanan pendampingnya. Secara medis ASI memanglah bagus untuk bayi berusia di bawah 6 bulan.

Namun seiring dengan perkembangan buah hati Anda, nilai gizi dalam ASI tak lagi cukup dan memerlukan makanan pendamping. Khususnya, bagi bayi berusia 8 bulan tentu asupan gizi yang diperlukan jadi lebih banyak.

Apalagi jika melihat kurva perkembangan bayi Anda tidak sesuai ekspektasi seperti dalam buku KIA. Jika kurva sudah sampai pada warna kuning itu artinya

Oleh karena itu, perlu menjadi perhatian bagi para ibu untuk memikirkan resep makanan bayi 8 bulan agar cepat gemuk.

Menu Makanan Bayi 8 Bulan Agar Cepat Gemuk dan Sehat

Pantangan Makanan Bayi 8 Bulan

Patut diingat untuk ibu-ibu sekalian, bahwa memberikan MPASI pada bayi harus dilakukan bertahap. Memberikan makanan dalam jumlah yang banyak bukan berarti pasti membuat bayi sehat dan gemuk.

Tetapi, perlu diperhatikan juga kandungan gizi yang dianjurkan khususnya untuk bayi berusia 8 bulan. Berikut sudah kami himpun, beberapa bahan dafta menu  makanan yang wajib ada bagi bayi berusia 8 bulan.

  1. Daging Ayam

Menu makanan bayi 8 bulan buatan sendiri yang pertama adalah daging ayam. Terbatasnya kemampuan bayi untuk mencerna makanan dapat diakali dengan teknik pengambilan sari atau kaldu dari daging ayam.

Daging ayam merupakan salah satu asupan makanan yang wajib dan mudah dijangkau bagi para ibu. Tetapi, tetap pastikan bahwa daging yang dibuat kaldu adalah daging segar dan bersih.
Dalam daging ayam terdapat banyak kandungan zat yang bergizi.

Kandungannya terdiri dari lemak, fosfor magnesium, vitamin B12 dan niacin. Dengan segala kebaikan yang ada di dalamnya tidak salah menjadikan daging ayam sebagai makanan penambah berat badan bayi yang sehat.

  1. Daging Sapi atau Daging Ikan

Alternatif lain menu makanan bayi 8 bulan agar cepat gemuk adalah daging sapi atau daging ikan. Keduanya kaya akan kandungan omega 3, zat besi, dan protein yang baik. Cukup pilih salah satu diantara daging ayam, sapi atau ikan sebagai variasi harian menu makanan bayi 8 bulan.

Jika bunda memilih untuk memberikan si kecil daging ikan, sebaiknya pilih daging ikan salmon. Kandungan gizinya tak perlu diragukan lagi, sangat sehat bagi buah hati Anda. Hanya saja, mendapatkan daging ikan salmon bukan perkara mudah di Indonesia, karena ikan ini tidak dibudidayakan di dalam negeri.

Artikel Lainnya:
Penyebab Bayi Susah BAB dan Cara Mengatasinya
Asupan makanan dengan jenis daging seperti yang sudah sebutkan sebelumnya harus dilihat kondisi kesegaran dan kebersihan daging.  Demi menambah kelengkapan gizinya, menu tersebut dapat juga ditambah dengan sedikit sayur dan juga campuran ASI.

  1. Telur

Kandungan gizi yang cukup tinggi menjadikan telur sebagai opsi lain menu makanan bayi 8 bulan yang sehat. Kandungan gizi utamanya adalah sebagai sumber protein hewani, zat besi, vitamin B12 dan juga vitamin A.

Namun,  pemberian telur pada anak harap dikonsultasikan dulu pada dokter anak. Gunanya, untuk mengetahui riwayat alergi yang ada pada bayi Anda mengingat telur adalah salah satu alergen.
"Selalu pastikan masak telur hingga matang sempurna. Hindari memberikan putih telur pada bayi usia ini, dikhawatirkan bayi memiliki riwayat alergi yang dapat dipicu dengan mengonsumsi telur."

  1. Alpukat

Makanan bayi 8 bulan untuk kecerdasan otak

Salah satu sumber lemak nabati terbaik ada di Alpukat. Menurut jurnal medis, kandung dan komposisi lemak dalam alpukat menyerupai lemak yang ada pada ASI. Sungguh luar biasa.

Baca Juga:
Manfaat Habbatussauda Untuk Promil 
Di samping kandungan lemaknya, juga terdapat kandungan zat gizi lainnya seperti zat besi, vitamin B, serat, dan vitamin E. Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat menambah berat badan bayi.

Tapi, pemberian alpukat jangan terlalu berlebihan karena alpukat mengandung banyak serat yang belum ‘ramah’ pada bayi. Karena kelengkapan gizinya yang luar biasa, para ahli banyak yang merekomendasikan alpukat sebagai makanan bayi 8 bulan agar cepat gemuk.

  1. Pisang

Ketersediaan pisang di negara kita sangat melimpah ruah. Hal tersebut harus kita syukuri sebenarnya, khususnya para ibu. Pisang kaya akan kandungan kalium, serat, vitamin C, protein dan beta-karoten. Pisang merupakan paket lengkap makanan bayi 8 bulan biar cepat gemuk.

Pisang yang akan diberikan kepada bayi haruslah berupa pisang yang matang. Sajikan pisang dengan cara menumbuknya hingga halus. Porsi pemberian pisang harap tidak dilakukan terlalu sering, dan kombinasikan dengan sumber hewani serta ASI. Dengan begitu, gizi buah hati Anda akan senantias tercukupi.

NB:
"Pisang yang diberikan sebagai makanan buah hati Anda hendaknya adalah pisang yang matang dan disajikan berupa potongan-potongan kecil."
Patut diingat, bahwa bahan makanan yang telah disebutkan di atas bukan merupakan tips agar bayi cepat gemuk dalam satu minggu. Secara perlahan, si kecil akan bertambah berat badannya dan yang terpenting tumbuh kembang sehat. Jangan terlalu terpaku hitungan angka atau kuantitasnya.

Itu tadi adalah pembahasan singkat mengenai makanan bayi 8 bulan agar bayi cepat gemuk. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa.

1 komentar untuk "5 Makanan Bayi 8 Bulan Kaya Gizi Agar Cepat Gemuk dan Sehat"

  1. Saya setuju, selain menambah berat badan bayi, makanan bayi 8 bulan tersebut juga dapat menambah kecerdasan otak

    BalasHapus