Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tekstur Makanan Bayi 8 bulan: Seperti Ini Idealnya

Makanan adalah bagian dari yang dapat memengaruhi pertumbuhan bayi. Tapi tipe dan tekstur untuk si anak tentu saja berbeda dengan dewasa. Jika sudah bertambah besar, ia bisa memakan bertekstur padat. Namun, bagaimana tekstur makanan bayi 8 bulan?

Tips Memberi Tekstur Makanan Bayi 8 Bulan yang Tepat

resep bubur bayi 8 bulan

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat ingin memberikan makanan untuk bayi 8 bulan dan memperhatikan teksturnya:

Jangan Beri Makanan dengan Tekstur Keras

Anda perlu juga memahami bahwa bayi 8 bulan sangat tertarik dengan berbagai hal, termasuk untuk mengenali tekstur makanannya. Oleh karena itu, orang tua bisa memberikan beragam makanan guna membangkitkan rasa keingintahuan si anak.

Hindari pemberian permen, keripik, dan kue dengan ukuran utuh dan tekstur yang keras karena si kecil belum bisa mengunyah makanannya sendiri. Di lain sisi, Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi pada makanan tersebut.

Bersihkan Makanan dari Tekstur Berbahaya

Perkembangan bayi 8 bulan dapat dibilang cukup pesat. Si kecil mulai menunjukkan peningkatan kemampuannya. Termasuk kemampuan untuk mengambil dan makanannya. Anak akan secara refleks memasukkan apapun yang ia pegang ke dalam mulut.

Meskipun disarankan untuk memberikan beragam makanan guna membangkitkan rasa keingintahuannya, Anda tidak boleh teledor saat menyajikannya. Hasil olahan makanannya harus sesuai dengan kemampuan mengunyahnya.

Saat mengolah buah-buahan untuk makanan bayi, pastikan Anda sudah benar-benar membersihkan sekaligus membuang kulit dan biji agar si anak tidak tersedak saat memakan makanannya.

Proses Pemberian Makanan Tekstur Lunak ke yang Lebih Keras

Bersamaan dengan MPASI, Anda bisa memberikan finger food agar si anak bisa belajar mengunyah makanan sejak dini. Meski giginya belum lengkap dan tumbuh, orang tua tidak perlu khawatir.

Karena tekstur MPASI yang lunak dan ukuran finger food sesuai dengan jarinya, sehingga akan memudahkan bayi untuk mengunyahnya sendiri. Seiring bertambahnya usia, ia akan terbiasa makan makanan lebih keras dan besar dibanding sebelumnya.

Tidak sulit untuk mengenali tanda anak siap makan finger food atau belum. Umumnya, bayi 8 bulan sudah mulai ikut campur masalah makanannya. Contohnya ia mengambil makanan yang sedang disuapi.

Itu berarti rasa keingintahuannya mulai tumbuh. Manfaatkan perasaan itu untuk mengenalkannya kepada finger food sebagai MPASI. Jika dia sudah terlihat tertarik dan mencobanya, berikan secara rutin 3 kali sehari. Seiring berjalannya waktu, tambahkan lebih banyak potongan.

Beberapa Pilihan Makanan dengan Aneka Teksturnya

MPASI bisa diperkenalkan sejak bayi berusia 6 bulan berupa makanan lumatan. Lalu saat menginjak bulan ke-8, Anda bisa mengubah tekstur makanannya menjadi lebih kental. Seiring berjalannya waktu, makanan si anak berubah semakin kasar.

Karena MPASI bayi 8 bulan lebih lunak daripada orang dewasa, Anda harus memastikan benar-benar agar si anak tidak tersedak dan dapat mudah ditelan olehnya. Berikut beberapa contohnya, yaitu:

Sayuran

Anda bisa memberikan makanan dengan tekstur lunak seperti sayuran yang dikukus kepada bayi 8 bulan sebagai pengenalan. Sayur dimasak agar si anak juga mudah untuk mengunyah sekaligus menelan makanan tersebut. Contohnya adalah kentang dan wortel.

Sumber Protein

Makanan yang merupakan sumber protein juga baik untuk bayi 8 bulan karena bisa memberikan tenaga lebih dalam masa pertumbuhannya. Contohnya adalah daging, tahu, dan telur. Semuanya harus dimasak dengan matang dan jangan beri bumbu apapun agar teksturnya sesuai kebutuhan.

Buah

Ada beberapa buah bertekstur lunak dan mengandung zat gizi yang dapat memenuhi kebutuhan bayi. Anda bisa memberikannya kepada si anak. Contohnya adalah alpukat, pisang, pepaya, dan beberapa jenis lainnya.

Olahan Tepung

Makanan berbahan tepung bisa Anda berikan kepada bayi 8 bulan. Contohnya adalah mie sehat atau mie olahan rumah dan roti. Pastikan itu semua memiliki tekstur yang lembut agar anak tidak kesulitan mengunyah.

Olahan Susu

Ada beberapa makanan atau minuman olahan dari susu yang bisa Anda berikan kepada bayi 8 bulan. Contohnya adalah yoghurt dan keju lunak.

Tinggi Zat Besi

Anda bisa memberikan makanan yang kaya akan zat besi kepada bayi 8 bulan karena kebutuhannya semakin banyak. Contohnya adalah daging sapi, telur, dan beberapa jenis lainnya. Tetap pastikan teksturnya lunak.

Di atas tadi adalah penjelasan terkait tekstur makanan bayi 8 bulan. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan sekaligus dapat Anda terapkan pada si anak. Tetap pantau apa yang ia masukkan ke mulut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Posting Komentar untuk "Tekstur Makanan Bayi 8 bulan: Seperti Ini Idealnya"