Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MPASI Bayi 8 Bulan dan Berbagai Ide Kombinasinya

Tekstur MPASI bayi 8 bulan memang memiliki perbedaan apabila dibandingkan dengan usia di bawahnya. Hal ini dikarenakan kemampuan anak yang mulai mengalami perubahan seperti tumbuhnya gigi dan bertambahnya kebutuhan.

Ciri MPASI yang Cocok untuk Bayi Usia 8 Bulan

Makanan bayi 8 bulan untuk kecerdasan otak

Jika dilihat dari teksturnya MPASI untuk usia 8 bulan lebih padat dan kasar dibanding sebelumnya. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Jadi tetaplah berpedoman sesuai dengan buku KIA (Kesehatan Ibu Dan Anak).

Untuk mendapatkan tekstur makanan yang cocok untuk anak usia tersebut, Anda bisa menggunakan fasilitas blender sebagai alat penghalus dan pencampur berbagai bahan sehingga bisa menyatu dan lebih halus.Namun pemutaran jangan terlalu lama agar bisa mendapatkan tekstur agak sedikit kasar.

Pemberian MPASI juga harus dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi, mulai dari kharbohidrat, protein, lemak energi dan vitamin. Maka dari itu, untuk membuat resep makanannya perhitungkan nilai nutrisinya agar bisa mensupport tumbuh kembang anak.

Beberapa Contoh MPASI Bayi 8 Bulan

Membuat makanan pendamping untuk buah hati Anda tidak hanya memikirkan nilai gizi yang terkandung di dalamnya tetapi bagaimana campuran tersebut bisa terasa nikmat di mulut. Jadi jangan terlalu memaksakan apabila anak tak mau memakannya karena bisa jadi rasanya kurang enak.Berikut di antaranya:

Kentang, Keju, dan Susu

Mencampur kentang, keju dan susu merupakan ide MPASI yang cukup lezat rasanya. Di dalamnya terdapat banyak kandungan gizi, tentunya dapat memenuhi kebutuhan bayi. Cara prosesnya juga cepat, Anda hanya membutuhkan alat kukus dan penghalus.

Apabila Anda tidak memiliki kentang, bisa ganti dengan sayuran seperti bayam, buncis, wortel atau lainnya. Kukus kemudian haluskan dan campur dengan keju parut dan susu secara perlahan hingga menyatu sempurna.
Baca Juga : Makanan Bayi 8 Bulan Agar Cepat Gemuk

Tahu, Wortel, dan Telur

Ide MPASI bayi 8 bulan selanjutnya adalah kombinasi antara tahu, wortel dan telur. Ketiga bahan ini bisa memenuhi kebutuhan protein dan vitamin bagi balita sehingga dapat tumbuh dengan baik juga maksimal sesuai dengan seharusnya.

Cara mengolahnya cukup mudah campurkan tahu yang sudah dihaluskan dengan wortel parut lalu masukkan telur, jangan lupa beri sedikit garam agar nikmat. Kemudian kocok hingga tercampur rata, selanjutnya goreng menggunakan api kecil.

Nasi tim, Brokoli, Kacang Polong, dan Ikan Kembung

Ikan kembung merupakan sumber dari omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Jika bahan ini dimasukkan ke dalam menu makanan pendamping  maka akan bermanfaat sekali bagi pertumbuhan balita. Terlebih di dalamnya terkandung zat besi tinggi.

Cara pengolahannya sangat simple yaitu mencampurkan daging ikan goreng dengan brokoli dan kacang polong kukus menjadi satu kemudian sajikan bersama nasi tim. Ingat jangan hancurkan bahan-bahannya terlalu halus karena bayi usia tersebut lebih menyukai makanan bertekstur yang sedikit kasar.

Nasi Tim dan Daging Sapi/Ayam

Olahan nasi tim ini sangat berguna untuk menambah berat badan bayi di usia 8 bulan. Maka dari itu apabila balita kekurangan bobot lebih baik berikan MPASI dengan kandungan kharbohidrat tinggi secara rutin. Selain itu campurkan juga protein, lemak dan vitamin agar lebih melengkapi kebutuhan tubuh.

Olahan nasi tim dan daging memberikan kesan gurih dan lezat. Kandungan protein dan zat besi di dalamnya sangat berguna untuk tumbuh kembang si kecil. Tambahkan sedikit garam dan gula untuk menambah kenikmatan MPASI.

Buah dan Yoghurt

Pemberian buah mungkin sudah pernah Anda lakukan pada saat mengenalkan makanan di saat bayi berusia 6 bulan. Biasanya pisang merupakan yang pertama disuapkan, namun sebenarnya jenis lain juga boleh kok seperti pepaya, alpukat, buah naga dan lainnya.

Buah memiliki kandungan yang cukup penting juga untuk tubuh si kecil, maka dari itu pemberian kombinasi dengan yoghurt dangat baik untuk pencernaan dan daya tahan tubuh. Terlebih lagi rasanya enak dan segar.

Makaroni, Keju,dan Sayur

Seperti yang diketahui bahwa makaroni merupakan karbohidrat layaknya nasi, maka dari itu bahan ini bisa dijadikan pengganti agar bayi tidak bosan. Pencampuran dengan keju dan sayuran menambah kandungan gizi di dalamnya.

Cara pengolahannya cukup mudah, campurkan makaroni yang sudah matang dengan parutan keju dan bayam halus. Kemudian campurkan hingga merata lalu suapkan perlahan kepada bayi. Apabila anak mengalami kesulitan memakannya, hancurkan menggunakan sendok.

Itulah beberapa ide MPASI bayi 8 bulan. Semoga bisa menambah inspirasi bagi Bunda dimanapun berada.

Posting Komentar untuk "MPASI Bayi 8 Bulan dan Berbagai Ide Kombinasinya"