Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berat Badan Bayi 8 Bulan Tidak Normal? Ketahui Penyebabnya

Berat badan bayi menjadi salah satu faktor yang penting dalam tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, jika si kecil kelebihan atau kekurangan berat, mungkin saja ada masalah pada tubuhnya. Lalu berapa berat badan bayi 8 bulan yang ideal? Menurut WHO berat bayi laki-laki 8 bulan idealnya 8,6 kg, sedangkan perempuan adalah 8 kg.

Faktor Penyebab Perubahan Berat Badan Bayi 8 Bulan 

Berat badan bayi 8 bulan normal

Berat badan bayi tidak selalu normal ketika ia lahir dan bertumbuh. Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi hal itu, yaitu:

Usia Kelahiran Bayi

Bayi yang terlahir prematur atau lahir pada usia kehamilan kurang dari 9 bulan, biasanya mempunyai berat badan lebih rendah dibanding dengan rentang kehamilan 38 sampai 40 minggu. Umumnya kelahiran prematur menyebabkan berat badan bayi 8 bulan dalam kandungan tidak mencapai 3 kg.

Jenis Kelamin

Jenis kelamin juga dapat memengaruhi berat badan si kecil. Kecenderungannya, bayi laki-laki memiliki bobot yang lebih besar dari perempuan karena berpengaruh juga pada tumbuh kembang anak Anda.

Gizi yang Diterima Ibu saat Hamil

Selama masa kehamilan, gizi yang diterima oleh ibu sangat memengaruhi berat badan si anak. Saat asupan zat terpenuhi dengan baik, bayi cenderung memiliki berat ideal. Namun jika kurang tercukupi, bobotnya lebih rendah dibanding umumnya.

Kesehatan Ibu saat Hamil

Saat mengandung, kesehatan ibu sangat penting. Jika sering sakit, memungkinkan bayi memiliki berat badan lebih rendah atau di bawah batas normal, dibandingkan dengan hamil dalam kondisi sehat. Ada kondisi tertentu yang juga bisa memengaruhi bobotnya, salah satunya yaitu obesitas.

Kondisi Kesehatan Bayi

Jika bayi memiliki beberapa penyakit bawaan, hal ini akan memengaruhi beratnya saat lahir. Selain itu, cacat lahir dan mengalami infeksi saat berada dalam kandungan, kecil kemungkinan ia akan mencapai bobot idealnya.

Gaya Hidup Ibu saat Hamil

Gaya hidup yang dialami saat mengandung, sangat memengaruhi kondisi bayi saat dalam kandungan. Beberapa hal harus Anda hindari saat hamil yaitu, merokok, meminum minuman keras atau alkohol, dan lain sebagainya (karena dapat membuat si kecil kesulitan untuk tumbuh).

Pilihan Makanan Bergizi untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Di samping pemberian ASI, sebaiknya ibu juga memberikan makanan pendamping setelah 6 bulan. Karena kebutuhan gizi harian bayi semakin bertambah seiring berjalannya waktu dan ASI saja sudah tidak cukup untuk mememuhi kebutuhannya.
Baca Juga : Makanan Bayi 8 Bulan Agar Cepat Gemuk
Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, Anda bisa memberinya makanan pendamping ASI, selain melakukan imunisasi. Pemberian MPASI juga perlu memperhatikan kandungan gizinya agar tetap seimbang. Berikut beberapa contohnya, yaitu:

Sayuran, Anda bisa memberikan sayuran yang dikukus kepada bayi 8 bulan sebagai pengenalan. Contohnya adalah kentang dan wortel.Olahan susu. Ada beberapa makanan atau minuman olahan dari susu yang bisa Anda berikan kepada bayi 8 bulan. Contohnya adalah yoghurt dan keju.

Sumber protein. Makanan yang merupakan sumber protein juga baik untuk bayi 8 bulan karena bisa memberikan tenaga lebih dalam masa pertumbuhannya. Contohnya adalah daging, tahu, dan telur. Semuanya harus dimasak dengan matang dan jangan beri bumbu apapun.

Buah. Ada beberapa buah lunak dan mengandung zat gizi yang dapat memenuhi kebutuhan bayi. Anda bisa memberikannya kepada si anak. Contohnya adalah alpukat, pisang, pepaya, dan beberapa jenis lainnya.

Olahan tepung. Makanan berbahan tepung bisa Anda berikan kepada bayi 8 bulan. Contohnya adalah mie sehat atau mie olahan rumah dan roti. Pastikan itu semua memiliki tekstur yang lembut agar anak tidak kesulitan mengunyah.

Tinggi zat besi. Anda bisa memberikan makanan yang kaya akan zat besi kepada bayi 8 bulan karena kebutuhannya semakin banyak. Contohnya adalah daging sapi, telur, dan beberapa jenis lainnya.
Pemberian ASI eksklusif agar memiliki bobot badan normal

Sejak bayi lahir sebaiknya langsung diberi Air Susu Ibu (ASI) yang cukup, karena dapat membantu mencapai berat badan idealnya. ASI juga bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya agar berjalan dengan baik.

Pemberian ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan pertama merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung tumbuh kembangnya. Selain untuk mencapai berat badan yang ideal, ASI juga bisa mencegah kenaikan bobot berlebih pada si kecil.

Di atas adalah penjelasan mengenai faktor dan tips agar bobot bayi menjadi ideal. Untuk menjawab pertanyaan berapa berat badan bayi 8 bulan yang ideal. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Berat Badan Bayi 8 Bulan Tidak Normal? Ketahui Penyebabnya"