Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi: Berbahayakah?

Pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati memang selalu menjadi hal yang ditunggu. Setiap momennya akan terasa sangat berharga, termasuk tumbuh gigi sekalipun. Ketahui sebab bayi 8 bulan belum tumbuh gigi berikut ini agar orang tua tetap waspada.

Ketahui Sebab Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi

bayi 8 bulan belum tumbuh gigi dan merangkak

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang paling dinanti perkembangannya oleh orang tua sang bayi. Jika sudah muncul gigi, maka si kecil akan terbantu untuk mencerna makanannya sendiri. Namun apa jadinya jika mereka mengalami keterlambatan? Simak ulasan berikut untuk mengetahui faktor penyebabnya:

Faktor genetika

Faktor genetika merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi. Jika sang ibu mempunyai keturunan penyakit tertentu, maka si kecil juga akan mengalaminya. Berlaku juga untuk orang tua laki-laki atau ayah, apabila mempunyai spesifikasi gen, otomatis anak seperti gambarannya.

Hal ini berlaku juga terhadap gigi. Jika sang ibu atau ayah mempunyai keturunan dengan tumbuh gigi yang lambat, bayi bisa juga mengalaminya. Namun jangan khawatir, walapun lambat pasti akan tumbuh dengan sendirinya.

Nutrisi

Nutrisi tidak hanya didapat dari apa yang dia makan minum saja. Buah hati Anda juga membutuhkan nutrisi seperti vitamin D dengan sinar matahari adalah sumbernya. Jika mereka kurang asupan gizi, bisa menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan akan terhambat, bahkan dapat pula menderita penyakit tertentu.

Pertumbuhan gigi dapat saja terhambat jika tidak diimbangi dengan nutrisi yang baik. Pastikan pula bahwa hal ini diberikan sesuai porsi masing-masing. Usahakan tidak terlalu berlebihan juga kekurangan agar perkembangan si kecil terpantau sempurna. Sebab anak sehat adalah kunci sukses dan bahagia.

Tidak Seimbangnya Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid terletak di tenggorokan perisis dibawah laring, ini berfungsi untuk mengatur tubuh untuk pembakaran energi serta membantu dalam kepekaan hormon lainnya. Jika kelenjar ini disfungsional atau mengalami kurang berperan, akan berakibat pada pertumbuhan gigi hingga perkembangan bicara.

Jenis Kelamin

Jenis kelamin bayi juga dapat mempengaruhi tumbuhnya gigi pada si kecil. Pada umumnya, bayi perempuan lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan laki-laki. Namun ini hanyalah beberapa, karena masing-masing anak tidaklah sama.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Pertumbuhan Gigi Bayi

Selain hal di atas, Anda juga perlu merangsang area mulut bayi agar gigi dapat tumbuh sempurna. Caranya cukup mudah namun harus tetap perlahan mengingat di kecil belum terlalu kuat, berikut ulasannya:

Beri ASI yang Cukup

Makanan pertama untuk bayi tidak lain adalah Air Susu Ibu (ASI). Kandungan didalamnya sangat banyak sehingga dapat membantu tumbuh kembang anak. Usahakan si kecil mendapatkan gizi yang tercukupi melalui sang Ibu secara langsung, bukan dengan dot.

Latih untuk Memakan Makanan

Selain ASI, bayi juga membutuhkan makanan penunjang lainnya karena nutrisi tidak hanya didapat dari itu saja. Latih si kecil untuk makan dengan mengunyah bahan yang halus. Hal pertama untuk latihan balita yaitu dimulai dari susu formula dan berangsur dengan bubur halus.
Baca Juga : Berat Badan Bayi 8 Bulan yang Ideal
Bubur halus dapat disajikan sendiri dengan membuatnya di rumah atau membeli versi instan yang tersedia di toko. Setelah terlatih memakan bubur, latih lagi dengan nasi lembek ditambah sayur atau daging halus. Sebelum memberikan pada anak, hendaknya dikonsultasikan kepada Bidan atau Dokter.

Beri Mainan Perangsang Gigi

Hal lain yang dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi yaitu memberinya mainan perangsang, contohnya adalah mainan lunak. Si Kecil akan merasa ingin menggigit sesuatu sehingga akan menjadi alat kepekaan terhadap tumbuh kembang gigi di gusinya.

Perlu diperhatikan juga, bahwa mainan yang diberikan haruslah yang aman (SNI). Hindari benda yang bisa tertelan sehingga mengganggu pencernaan si Kecil dan tidak menyebabkan buah hati Anda tersakiti karena terlalu tajam. Solusinya, Anda dapat memberikannya teether atau gigit-gigitan agar lebih aman dimainkan.

Beberapa hal tersebut memang harus diperhatikan untuk kepentingan perkembangan si kecil. Oleh karena itu, ketahui sebab bayi 8 bulan belum tumbuh gigi agar tidak panik saat mengalaminya. Jika dirasa masih ragu, tanyakan kepada orang yang lebih ahli (bidan atau dokter anak terdekat).

Posting Komentar untuk "Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi: Berbahayakah?"