Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bayi 8 Bulan Belum Bisa Duduk Sendiri? Ketahui Penyebabnya

Pertumbuhan adalah hal terpenting yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua. Seiring berjalannya waktu dan terbentuknya tulang, ia selalu memperlihatkan kemampuan. Biasanya ada batasan normal untuk setiap perkembangan. Lalu muncul pertanyaan, apakah bayi 8 bulan belum bisa duduk sendiri dan merangkak?

Apakah Bayi 8 Bulan Belum Bisa Duduk? Ketahui Faktor Penyebabnya
bayi 8 bulan belum bisa duduk sendiri dan merangkak

Mungkin ada beberapa faktor yang membuat bayi 8 bulan belum duduk sendiri tanpa adanya penyangga, seperti bantal, guling, atau benda–benda lain. Di bawah ini adalah 3 kemungkinan mengapa ia tidak bisa memperlihatkan kemampuannya seperti teman–temannya.

Perkembangan Setiap Anak Berbeda–beda

Sebagai orang tua mungkin muncul kekhawatiran karena di usia 8 bulan, bayinya belum bisa duduk sendiri tanpa sandaran. Ibu jangan khawatir jika terjadi seperti ini karena kemampuan ini dapat berkembang sampai ia berusia 12 bulan.

Memiliki Berat Badan Berlebih

Duduk tanpa penyangga membutuhkan tubuh seimbang. Bagi bayi dengan berat badan normal, biasanya lebih mudah untuk bisa duduk tanpa ada sandaran. Sedangkan anak yang kelebihan, perlu latihan lebih sering dari biasanya.

Kurang Dilatih

Semua kemampuan yang dimiliki oleh seorang anak pasti diperlukan latihan secara bertahap dan berulang. Begitu pula dengan duduk tanpa penyangga, bayi juga perlu dilatih dan dipantau oleh orang tua setiap hari.

Cara Latihan Bayi untuk Duduk

Jika bayi Anda berusia 8 bulan namun belum bisa duduk, orang tua bisa melatihnya dengan beberapa cara sebagai berikut.

Sering Latihan Tengkurap

Posisi tengkurap bisa melatih bayi untuk mengangkat kepala dan dadanya hingga membuat otot lehernya agar semakin kuat dan mengembangkan kontrol kepalanya. Latihan ini sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan kemampuan duduknya.
Baca Juga: Bagaimana Jika Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi
Latihan tengkurap ini bisa dibiasakan pada si kecil sejak ia berusia 2 bulan agar ia terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh saat mengangkat kepala dan dadanya. Dengan begitu, bayi bisa berlatih membalikkan badannya menjadi terlentang.

Latih dengan Menggunakan Mainan

Mainan juga bisa Anda gunakan sebagai media berlatih bagi bayi. Latihan ini bisa orang tua lakukan ketika ia sudah menunjukkan tanda–tanda siap untuk duduk. Caranya adalah dengan meletakkan barang atau mainan kesukaannya agak jauh dari jangkauannya.

Dengan begitu, bayi akan berusaha untuk menggapai benda atau mainan kesukaannya tersebut.Gerakan selama ia akan mengambil itu si kecil belajar dapat menyeimbangkan tubuh dengan kedua tangannya.
Artikel Terkait : Perkembangan Bayi 8 Bulan

Apakah Orang Tua Perlu Khawatir Jika Bayi  Umur 8 Bulan Belum Bisa Duduk Sendiri?

Beberapa orang tua merasa khawatir saat bayinya belum bisa duduk saat ia berumur 8 bulan. Meski perkembangan kemampuan yang berbeda-beda, pada umumnya anak seusia itu melakukan beberapa hal, yaitu:

  • Menghampiri benda atau orang yang menarik baginya.
  • Menggenggam 2 benda secara bersamaan dengan masing-masing tangan memegang 1 .
  • Merespon orang saat mengajaknya bermain petak umpet dengan tangan (cilukba).
  • Bertepuk tangan saat merasa bahagia atau dipancing oleh orang lain.
  • Mulai mencoba untuk berdiri dengan kedua kakinya menyangga sebagian tubuh.
  • Mulai meraup benda-benda di sekitarnya.
  • Sering berbicara tanpa makna.
  • Memindah benda dari tangan yang satu ke lainnya.
  • Saat kehilangan benda, bayi akan mencari di sekitarnya. Namun jika tidak menemukannya ia akan melihat apa yang ia jatuhkan.
  • Bayi sudah bisa memakan rotinya sendiri.
Jika bayi sudah melakukan aktivitas-aktivitas di atas, orang tua tidak perlu khawatir atas keterlambatan perkembangan pada si anak. Namun Anda perlu khawatir jika buah hati belum bisa melaksanakan beberapa hal, yaitu:

  • Bayi belum bisa menahan kepalanya untuk tegak pada usia 4 bulan.
  • Bayi belum mampu tengkurap dengan menahan tubuhnya menggunakan kedua tangannya dan belum bisa duduk pada usia 9 bulan.

Perkembangan kemampuan bayi untuk duduk tanpa adanya sandaran menjadi kunci supaya anak bisa melanjutkan ke tahapan tumbuh kembang berikutnya. Karena itu, orang tua perlu memantau setiap proses belajarnya.

Agar jika ada keterlambatan, orang tua dapat berkonsultasi ke dokter dan mampu mengatasi hal tersebut sebelum mempengaruhi perkembangan si anak. Semoga informasi di atas bermanfaat, menambah wawasan, dan mampu menjawab pertanyaan apakah bayi 8 bulan belum bisa duduk sendiri. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Bayi 8 Bulan Belum Bisa Duduk Sendiri? Ketahui Penyebabnya"