Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Bayi 8 Bulan Buatan Sendiri Atau Pakai Fortifikasi?

Selain ASI, anak kecil yang sudah berumur 6-12 bulan memerlukan MPASI untuk memenuhi asupan nutrisinya. Salain itu, juga membutuhkan banyak gizi untuk mendukung pertumbuhannya. Namun pada era sekarang ini, jenis-jenisnya sudah berbagai macam. Lalu, Anda harus pilih mana antara makanan bayi 8 bulan buatan sendiri atau pakai fortifikasi?

Perbandingan Makanan Bayi 8 Bulan Buatan Sendiri atau Pakai Fortifikasi

Bubur bayi 8 bulan buatan sendiri

Agar lebih paham terkait jenis makanan bayi, Anda harus memperhatikan beberapa ulasan di bawah ini:

Nilai Praktis

Jelas bahwa makanan fortifikasi lebih instan disajikan daripada buatan sendiri. Bagi ibu yang mempunyai kesibukan ekstra, pilihan ini sangat cocok. Hanya dengan memberikan biskuit atau meraciknya bersama air panas, kemudian siap santap oleh bayi.

Jika dibandingkan dengan makanan buatan sendiri,Ibu harus membuatnya sendiri terlebih dahulu. Saat pembuatannya, membutuhkan waktu cukup lama mulai dari menghaluskan memastikan porsi kebutuhan gizi, memasak, juga menghaluskan bahan. Kemudian baru bisa disajikan kepada sang buah hati.

Kandungan Gizi

Jelas berbeda kandungan gizinya antara makanan bayi buatan rumah dan memakai fortifikasi. Jika dalam kemasan banyak disebutkan kandungan yang ada di dalamnya serta takarannya, maka berbeda dengan produk dapur Bunda hanya seadanya saja juga tidak persentase nilai nutrisi.

Oleh sebab itu, kandungan nutrisi dalam makanan fortifikasi tidak perlu diragukan. Bayi 8 bulan hanya memerlukan kebutuhan gula dan garam yang sedikit. Hal ini agar tidak menjadi kebiasaan si kecil untuk memakan seperti itu karena nantinya akan menjadi kebiasaan. Beri juga umbi atau kentang supaya anak terbiasa dengan rasa alami

Jenis Makanan

Sudah jelas bahwa jenis makanan dari 2 macam makanan bayi ini berbeda. Buatan dapur Bunda akan lebih menyerupai santapan orang dewasa namun agak halus. Bedanya dengan memakai fortifikasi, tampilan yang diberikan seperti larutan bubur instan biasa. Beberapa mungkin disajikan ada tambahan bahan tertentu.

Tekstur mempengaruhi bayi dalam menerima makanan tersebut. Biasanya akan lebih mudah menelan jika jenisnya sangat halus seperti bubur instan. Namun seimbangkan dengan buatan alami agar anak terbiasa menerimanya pada saluran pencernaan mereka. 

Bahan Tambahan pada Makanan

Dengan begitu makanan bayi 8 bulan buatan sendiri atau pakai fortifikasi? Mari dilihat dari bahan tambahan pada makanan yang tentunya bermacam-macam. Namun kali ini yang diambil adalah termasuk pengawet, pewarna dan perasa.

Olahan pabrik memang semuanya berbahan kimia. Namun pastikan dahulu apakah aman bagi bayi atau sebaliknya.Dengan bahan tambahan ini, bisa mengakibatkan beberapa nutrisi yang seharusnya ada pada makanan bayi akan berkurang karena proses pembuatan setengah jadi.

Rasa Makanan

Jika di dalam makanan, khususnya bubur bayi buatan sendiri lebih cenderung kepada rasa alami dari bahan dapur. Pada racikan bunda juga ada karakter masakan sehari-hari dalam keluarga sehingga bayi akan terbiasa dengan itu jika ia sudah besar nanti.

Sedangkan dengan memakai fortifikasi lebih ke buatan. Rasa yang dibuat semuanya sama, yaitu menyerupai bahan aslinya. Namun ini menjadi kelemahan tersendiri, karena bayi tidak merasakannya secara alami dari bahan asal.

Ketahanan Makanan

Semua makanan pasti ada batas ketahanan atau kadaluarsa. Bahan yang menggunakan fortifikasi biasanya ada label kadaluarsa pada bungkus atau kemasan produk. Jadi dalam segi keawetan, ia termasuk paling tahan daripada dapur bunda.

Makanan buatan dapur bunda jika tidak diberikan akan basi. Maka dari itu, buatlah sesuai dengan porsi dan menghindari penyimpanan dalam lemari es. Untuk besoknya, ibu harus membuat kembali. Bukan berarti bahwa diberi tambahan pangan akan mengawetkan lebih lama, tetap perhatikan takaran gizi bayi sesuai kebutuhannya.

Kelebihan Lainnya

Dalam makanan buatan bunda, bisa memilih rasa yang akan diberikan kepada anak sekaligus dapat bereksperimen agar menghasilkan racikan baru. Hal ini dapat mengenali mana yang menjadi kesukaan bayi selain dari selama Anda berikan.

Pada masa sekarang, banyak toko menyediakan bubur instan berfortifikasi.Sehingga mudah bagi bunda yang tidak sempat membuat makanan bagi bayi atau bahkan belum bisa membuatnya untuk buah hati.

Jadi menurut Bunda, lebih memilih mana, makanan bayi 8 bulan buatan sendiri atau pakai fortifikasi? Semuanya memiliki nilai kelebihan juga kekurangan masing-masing. Pilihan pasti yang terbaik untuk buah hati agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Posting Komentar untuk "Makanan Bayi 8 Bulan Buatan Sendiri Atau Pakai Fortifikasi?"