Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Makan Bayi 8 Bulan yang Ideal

Bayi yang memiliki rentang usia 6 sampai dengan 8 bulan sudah dapat dikenalkan dengan berbagai jenis makanan lunak dan cair. Agar tubuhh si kecil tidak mengalami kaget, maka kenalkan  dengan memberikan makanan sedikit demi sedikit dan bahan yang encer. Namun,jadwal makan bayi 8 bulan juga harus diperhatikan lagi.

Urutan Jadwal Makan Bayi 8 Bulan

Porsi makan bayi 8 bulan berapa ml

Setiap usia pertumbuhan si kecil pasti memiliki jadwal makan yang disesuaikan dengan kebutuhan gisi tubuh masing-masing rentang usia tersebut. Pada usia bayi 8 bulan selain ASI seharusnya juga sudah diberi Makanan Pendamping Air Susu Ibu.Nah berikut disajikan jadwal makan yang tepat:

Pukul 05.00 dan 07.00

Bayi yang berusia 8 bulan biasanya sudah mulai memiliki kebiasaan bangun pagi. Pada saat dia pertama kali bangun tidur, maka jangan lupa untuk memberikan ASI sebagai pembuka hari. Meskipun bayi senang lebih awal membuka mata, setelah minum susu maka ia akan tidur kembali selama 30-60menit.

Setelah bangun dari tidur yang kedua pada pukul 07.00 Anda bisa memanfaatkan sebagai waktu yang tepat untuk memandikan bayi. Kemudian merawat diadengan menggantikan baju dan memberikan ASI maupun susu formula kembali.

Pukul 08.15 dan 09.00

Pada pukul 08.15 apabila telah mendapatkan ASI, maka berikan jeda sekitar satu jam agar tidak terlalu penuh perut bayi tersebut. Setelahnya berikan makanan padat sebagai sarapan paginya. Mengetahui jadwal makan bayi 8 bulan menjadi hal penting bagi seorang ibu agar dapat memberikan gizi seimbang.

Kemudian ajaklah dia main setelah sarapan sebentar, dan kemudian bayi akan merasa lelah dan capek, maka tidurkan sebentar selama kurang lebih 30 sampai dengan 60 menit. Anak-anak terutama yang belum genap satu tahun memang membutuhkan jadwal tidur yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Pukul 10.00 dan 11.00

Setelah bayi bangun dari tidurnya, Anda bisa memberikan ASI kembali maupun susu formula dengan porsi secukupnya. Perlu diingat agar tidak langsung memberikan makanan padat, karena bayi akan dapat merasakan kejenuhan serta ketidaknyaman pada tubuh yang terlalu kenyang.

Saat pukul 11.00 setelah dijeda satu jam dari bangun tidurnya, berikan MPASI kepada bayi 8 bulan berupa buah maupun makanan lembut lainnya setelah masuk waktu tersebut. Jangan lupa untuk mengganti menu setiap waktu agar bayi tidak bosan dengan rasa makanan dan lebih mengenal berbagai varian rasa.

Pukul 12.30 dan 13.00

Perlu diperhatikan, bahwa bayi membutuhkan banyak cairan untuk metabolisme tumbuh kembangnya. Jangan lupa untuk memberikan ASI ataupun susu formula supaya tidak kekurangan cairan. Namun tidak disarankan pula memberikan air putih berlebih, karena akan mempengaruhi minat bayi terhadap kesukaannya dengan susu.

Setelah diberikan susu ASI ataupun formula pada pukul 12.30 maka bayi akan merasa ngantuk, tidurkan bayi sekitar 2 hingga 3 jam. Namun itu bukan patokan yang paten, karena setiap anak memiliki keunikan waktunya sendiri dan terkadang berubah setiap saat.

Pukul 15.00 dan 16.00

Setelah tidur dalam jangka waktu dua sampai dengan tiga jam, maka bangun tidur merupakan saat yang tepat untuk memberikan ASI kembali. Namun apabila sudah dilanda kebosanan si kecil pada susu, Anda bisa memberikan buah segar berupa apel yang dihaluskan sebagai contohnya.
Baca Juga : Tekstur Makanan Bayi 8 Bulan
Layaknya manusia dewasa lainnya, bayi juga harus mandi dua kali dalam sehari. Agar keringat  serta kotoran yang menempel seharian dapat dibersihkan. Pada jam ini bayi terkadang juga mengalami kantuk, maka dapat ditidurkan kembali.

Pukul  17.00 dan 18.00

Ingatkan bahwa bangun dari tidur merupakan salah satu waktu paling tepat memberikan ASI maupun susu formula pada bayi. Pada jam 17.00 biasanya mereka telah terjaga dari tidurnya maka berikan kebutuhan tersebut. Jika mereka muulai bosan, bisa diberikan dampingan makanan padat lainnya.

Setelah mendapatkan ASI serta makanan padat lainnya biasanya bayi akan meminta untuk bermain, ajaklah si kecil bersenang-senang sebagai salah satu alat komunikasi orang tua dengan anaknya. Jika mereka mulai lelah pasti akan meminta susu dan kemudian tertidur.

Itu tadi ulasan terkait jadwal makan bayi 8 bulan. Apa saja yang tepat dan perlu diberikan dan seberapa banyak jam untuk istirahat yang ideal. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan dan tumbuh kembang si kecil agar pertumbuhannya sesuai dengan yang seharusnya.


Posting Komentar untuk "Jadwal Makan Bayi 8 Bulan yang Ideal"