Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Makanan Bayi 8 Bulan Terbaik dan Sehat

Usia tumbuh kembang si kecil memerlukan gizi berbeda-beda setiap harinya. Apalagi ketika bayi masih berusia 0-2 tahun seharusnya lebih baik masih meminum ASI meskipun juga perlu MPASI. Namun, berbagai macam menu makanan bayi 8 bulan juga harus diperhatikan.

Berbagai Macam Menu Makanan Bayi 8 Bulan Agar Tidak Bosan
menu makanan bayi 8 bulan untuk perkembangan otak

Pada usia 8 bulan biasanya si kecil telah menunjukkan berbagai macam perkembangan, diantaranya ialah rahang dapat bergerak secara normal, fungsinya ialah untuk mengunyah hidangannya. Serta mampu menggunakan lidahnya untuk mendorong serta menelan sesuatu di dalam mulutnya.
Adapun sajian varian menu olahan bergizi tinggi untuk bayi 8 bulan yaitu:

Bubur Pisang dengan Susu

Makanan Pendamping Asi (MPASI) sudah bisa disajikan kepada bayi usia delapan bulan. Jika Anda bingung menu apa guna menjadi hidangan di hari pertamanya, sajian hidangan pisang dengan susu menjadi pilihan tepat.

Bahan wajib perlu Anda persiapkan cukup mudah, yaitu satu buah pisang ukuran sedang kemudian lumatkan hingga lembut. Jangan lupa tuangkan susu formula sekitar 150-200ml dicampurkan di dalamnya. Tekstur lembut menjadi sajian cocok untuk MPASI pertama buah hati Anda.

Bubur Labu Kuning dengan Oatmeal

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat menu ini ialah Oatmeals Instant, air putih setengah gelas, labu kuning secukupnya, sedikit keju. Mengkonsumsi bahan-bahan ini membuat buah hati Anda akan mendapatkan vitamin dari sayur atau buah serta protein tinggi dari labu.

Untuk cara membuatnya, langkah pertama ialah parut labu kuning, kemudian rebus hingga lunak serta setengah matang. Blender oatmeal sampai lunak agar mudah ditelan, lalu masukkan ke dalam panci, kemudian tambahkan potongan keju, lalu makanan siap dihidangkan.

Bubur Beras Merah dengan Sayur dan Daging

Menu makanan ini cocok disajikan ketika masih dalam keadaan hangat. Selain itu, jika Anda membuatnya sedikit lebih banyak bisa menyimpannya dikulkas, taruh cup atau wadah tertutup. Bahan-bahan yang dibutuhkan 1cup beras merah, 9 cup air, 100 gr daging ayam cincang, 1 ikat bayam, 1 buah wortel.

Cara membuatnya, masak beras merah menjadi lunak serta halus sampai matang, tambahkan sedikit garam atau keju parut, setelah bubur siap, masukkan cincangan daging ayam, bayam, serta wortel. Aduk rata kemudian tunggu sebentar lalu sajikan.

Pure Jagung untuk Si Kecil

Selain cara membuatnya bisa dibilang cukup mudah, rasa manisnya juga cenderung disukai si kecil. Bahan-bahannya pun cukup gampang ditemukan, Berikut yang harus dipersiapkan untuk membuat pure ini, yaitu 100 gr jagung manis kecil, 100 ml susu formula cair ASI hasil pompa.
Baca Juga : Tekstur Makanan Bayi 8 Bulan
Cara membuatnya yaitu melakukan proses pengukusan jagung hingga benar-benar lunak, kemudian lumatkan sampai lembut, dan tambahkan sedikit-sedikit susu cair yang telah disiapkan. Kemudian sesuaikan kekentalannya sesuai kebutuhan si kecil.

Bubur Kentang dengan Rasa Gurih Patut Dicoba

Salah satu bahan masakan yang mengeyangkan pengganti nasi jika sudah jenuh yaitu membuatkan kentang. Cara serta bahan diperlukanpun sangat simpel serta mudah ditemukan dipasaran dan cocok dijadikan menu makanan untuk bayi 8 bulan.

Berikut bahan dan pembuatannya, 100 gr kentang kukus, 100ml susu formula cair dan keju parut sesuai selera. Panaskan kentang dan tuangkan susu kedalamnya, masak menggunakan api kecil agar proteinnya tidak rusak, kemudian tambahkan parutan agar lebih gurih.

Bubur Rebon dengan Wortel

Jika Anda ingin mambuatkan MPASI dengan resep yang simple dan mudah ditemukan didapur, hal ini cocok untuk dijadikan pilihan. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan ialah 3sdm nasi, 2 sdm rebon, 1 buah wortel, serta ½ buah labu siam dan secukupnya air ataupun kaldu buatan sendiri.

Langkah yang harus dilakukan, masak nasi hingga menjadi halus dengan tambahan air. Kemudian haluskan rebon, rendam dengan air hangat, kemudian tiriskan dan campurkan ke adonan. Cuci bersih labu dan wortel, parut dengan parutan keju, masukan kedalamnya, aduk rata dan matang.

Itu tadi ulasan mengenai menu makanan bayi 8 bulan yang patut Anda coba. Hal itu juga disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dan kemampuan cerna si kecil. Memiliki menu-menu bervariasi diharapkan si kecil tidak akan mengalami kebosanan.

Posting Komentar untuk "Menu Makanan Bayi 8 Bulan Terbaik dan Sehat"