Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Bayi 5 Bulan: Orang Tua Wajib Tahu

Perkembangan bayi 5 bulan pada umumnya sudah terlihat dengan indikasi si kecil mulai mencoba untuk duduk dari posisi sebelumnya tengkurap dengan cara menopang tubuhnya menggunakan kedua tangan mungil yang ia miliki. Namun walaupun demikian, posisi duduk tersebut belum tentu stabil. 

Untuk bisa membantunya anda bisa menggunakan bantal di sisi kiri dan kanan bayi dan terus mendampingi si kecil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada umumnya bayi 5 bulan yang berjenis kelamin laki-laki mempunyai berat antara 6 sampai 9 kilogram, dengan panjang tubuh 62 hingga 70 cm. Sedangkan untuk bayi 5 bulan yang berjenis kelamin perempuan biasanya akan berbobot 5 sampai 8 kilogram.

Perkembangan Bayi 5 Bulan
perkembangan bayi 5 bulan

Banyak orang tua yang pastinya akan sangat senang melihat pertumbuhan dan juga perkembangan si buah hati dari waktu ke waktu, mulai dari awal dilahirkan yang hanya dapat tidur serta menangis, hingga akhirnya bisa memakan tangan sampai memiringkan badan, tengkurap dan duduk. 

Dengan hal itu tentu saja perasaan bahagia yang dirasakan bisa sangat terasa. Salah satu hal yang sangat terlihat ketika bayi 5 bulan adalah bayi sudah mulai menjadi sangat aktif. Oleh sebab itu sebagai orang tua, kita harus mengetahui indikator yang harus dilalui ketika bayi usia 5 bulan.

Perkembangan bayi saat sudah mencapai usia 5 bulan merupakan masa transisi yang sangat penting untuknya. Anda sebagai orang tua tentu saja bisa mengharapkan dirinya untuk melihat usaha serta ucapan pertamanya dalam rentang usia seperti ini. 

Selain itu, tubuh bayi 5 bulan juga sudah siap untuk bergerak merangkak, ada baiknya agar dirinya memiliki ruang yang mencukupi.

Meskipun begitu juga, setiap bayi berbeda dan memiliki kecepatan untuk berkembang masing-masing yang berbeda. namun, indikator bayi saat berusia 5 bulan adalah berat tubuh yang sudah mencapai dua kali lipat setelah ia dilahirkan. Berikut adalah beberapa perkembangan bayi 5 bulan yang mungkin bisa menjadi informasi berguna untuk anda sebagai orang tua si mungil.

1.     Peningkatan Indra

Ketika bayi berusia 5 bulan, perkembangan anak yang berhubungan dengan visi tentu saja sudah semakin membaik. Walaupun bayi masih belum mempunyai penglihatan yang begitu sempurna, namun dirinya sudah bisa melihat dengan sangat baik dari jarak tertentu. 

Selain itu juga, penggambaran warna sudah terjadi antara dua warna yang berbeda. namun warna primer sendiri masih menjadi kesukaan dari bayi 5 bulan, warna primer yang dimaksud tersebut seperti biru, merah dan juga kuning.

2.     Keterampilan Motorik Yang Berkembang

Salah satu perkembangan bayi yang bisa terjadi ketika berusia 5 bulan adalah dengan meningkatnya keterampilan motorik yang dimiliki. Bayi yang sudah mencapai usia  ini sudah bisa duduk tegak dalam waktu yang lama. 

Namun meskipun begitu bisa saja bayi masih membutuhkan ibu untuk menopang dengan bantal. Sebenarnya pun bayi 5 bulan bisa saja duduk tanpa alat penopang, namun hanya bisa bertahan sampai beberapa detik saja.

Beberapa anak yang memiliki usia 5 bulan juga sudah bisa berguling dari punggung dan juga kembali ke posisi telentang. Begitu bayi sudah berguling, mungkin anda akan melihat gerakan dari kakinya dan mengayun, Tidak berapa lama lagi bayi juga sudah bersiap untuk merangkak. 

Sebagai orang tua tentu saja kita harus tetap menjaga keselamatan dari bayi supaya tidak terluka.

Baca Juga:

Perkembangan Bayi 8 Bulan

Di usia bayi 5 bulan ini, mereka juga sudah mempunyai genggaman tangan yang jauh lebih kuat. Anak kita juga sudah mulai bisa menarik benda yang berada di dekatnya dan juga memindahkannya dari satu tangan ke tangan lainnya. 

Bahkan botol minum yang biasanya harus dipegang oleh bunda pun saat ini sudah mulai bisa dipegang oleh bayi 5 bulan tersebut.

3.     Komunikasi Membaik

Perkembangan bayi 5 bulan juga bisa kita lihat dari dirinya yang sudah mulai mengoceh dan juga ucapannya yang sudah mulai mendekati kata-kata asli. Bayi 5 bulan anda mungkin juga sudah mulai bisa menyatukan suara konsonan dan juga suara vokal. 

Walaupun begitu, bayi juga belum bisa memiliki makna tertentu perihal ucapan yang keluar dari mulutnya. Bayi juga akan mulai memahami suara yang didengarkan misalnya seperti suara televisi, suara motor saat dinyalakan. 

Meskipun belum bisa memahami kata-kata, anak akan mulai mencari sumber suara jika namanya sudah dipanggil oleh seseorang atau mendengarkan suara yang familiar untuknya.

4.     Cara Tidur Bayi 5 Bulan

Sebagian besar bayi juga akan tidur sepanjang malam saat dirinya sudah mulai berusia 5 bulan. Meskipun tidak semuanya, supaya bayi bisa tidur sepanjang malam cobalah untuk anda membuatkan ritme atau nada pengantar tidur yang teratur. 

Anda bisa memandikannya dengan air hangat, kemudian dengarkan dongeng sebelum tidur yang akhirnya matanya akan mulai menutup dan mengantuk kemudian tidur.

Di siang hari, bayi yang berusia 5 bulan masih memerlukan dua kali tidur siang yaitu satu kali tidur di pagi hari dan juga satu kali tidur setelah makan siang. 

Cobalah untuk anda tidak menunda hal itu agar bayi tidak rewel dan menangis. Atur juga posisi tidur jika sudah mulai muncul tanda-tanda bayi mengantuk.

5.     Kemampuan Sosial

Bayi 5 bulan juga sudah bisa mulai menyadari apabila namanya sedang dipanggil atau dibicarakan. Bayi juga akan menoleh ke arah kita. 

Selain itu biasanya bayi juga sudah mulai bisa berinteraksi dengan orang-orang di sekitar. Berikut adalah beberapa tanda dari kemampuan sosial bayi 5 bulan:

Bayi sudah mulai bisa mengankat tangan sebagai tanda saat ia ingin digendong atua menangis saat jauh dari sang bunda.

Selain menangis, tertawa dan tersenyum. Bayi 5 bulan juga sudah mulai bisa menjerit dan menirukan suara. 

Bayi 5 bulan juga sudah mulai bisa mengekspresikan dengan suara dan nada yang berbeda-beda sesuai dengan respon sang bayi kepada suasana hatinya saat itu juga. Misalnya seperti suasana hati yang sedang senang, kecewa, puas atau bahkan sedih.

Bayi berusia 5 bulan juga sudah mulai senang saat ia berbicara kemudian didengarkan, direspon bahkan diajak berbicara. Bayi juga sudah akna tertawa saat melihat ekspresi atau suati yang dianggap sang bayi tersebut lucu. 

Anak yang berusia 5 bulan juga sudah mulai bisa mengenali orang-orang terdekatnya, bisa jadi ia akan menangis saat ia sedang berada di lingkungan orang-orang yang tidak ia kenal, ini sendiri adalah reaksi alami saat bayi mulai menunjukan ekspresi cemas dan juga tidak aman.

6.     Kesehatan Dan Nutrisi Bayi 5 Bulan

Bayi 5 bulan yang ktia miliki bisa tumbuh dengan cepat dan dirinya juga sudah mulai mudah lapar dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Kenapa bayi 5 bulan bisa lebih mudah lapar? 

Karena ia akan mempersiapkan diri untuk memakan makanan padat. Untuk itu bunda harus tetap hati-hati dan juga pastikan tetap menyusui di usia bayi 5 bulan ini.

Untuk anda yang ingin memberikan makanan kepada anak anda yang masih berusia 5 bulan, ada baiknya anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter anak sebelum memberikan bayi 5 bulan anda selain asi.

Rekomendasi Mainan Bayi 5 Bulan

mainan bayi 5 bulan

Di usia bayi 5 bulan, kemampuan motorik bayi tentu saja juga sudah mulai berkembang. Otot-otot tangan dan juga kakinya tentu saja juga akan semakin kuat. 

Si kecil tentu saja juga akan semakin aktif mengoperasikan kedua kaki dan kedua tangannya untuk menendang dan juga mendorong mainan. Ia juga akan bisa menggeser, menggulingkan, bahkan membalikkan tubuhnya.

Di usia bayi 5 bulan, mainan sangat direkomendasikan untuk bisa mengasah perkembangan kognitif dan juga perkembangan motorik si kecil. Berikut adalah beberapa rekomendasi mainan untuk bayi 5 bulan.

1.     Crib Toys

Mainan bayi 5 bulan yang pertama adalah mainan jenis crib toys. Mainan yang digantungkan di atas boks bayi ini tentu saja sangat berguna untuk melatih stimulasi visual untuk bayi dan juga mengasah koordinasi mata serta tangan dari bayi. 

Pilihlah mainan jenis ini dengan berbagai macam aneka warna cerah dan juga mempunyai musik yang lembut.

2.     Buku Kain

Mainan bayi 5 bulan berikutnya adalah buku kain. Bayi 5 bulan juga sudah bisa kita kenalkan dengan buku, pilihlah buku dengan material yang terbuat dari kain dan juga anti robek. 

Anda juga bisa membelikan buku sensori yang di setiap halamanya berisi berbagai macam warna, bentuk dan juga tekstur yang bisa menstimulasi bayi. 

Hindari buku yang terbuat dari bahan kertas karena selain gampang sobek, serpihan kertas yang sobek tersebut juga sangat beresiko tertelan oleh buah hati kita.

3.     Mainan Pop Up

Mainan berikutnya untuk bayi 5 bulan adalah mainan pop up. Mainan pop up adalah mainan yang bisa mencelat keluar, mainan ini bisa memberiakn efek berupakejutan yang tentu saja bisa menyenangkan si kecil karena bisa mengeluarkan benda dan juga suara. 

Artikel Lainnya:

Cara Ampuh Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi DPT

Selain itu, mianan ini juga dapat membuat bayi belajar tentang konsep seba akibat dan juga konsep hilang dan muncul.

4.     Boneka

Boneka yang lembut dan juga bisa dipeluk atau dipegang juga dapat menjadi pilihan mainan yang sangat menyenangkan untuk buah hati kita. Namun tentu saja kita sebagai orang tua juga harus memastiakn supaya boneka yang ia manikan tidak mempunyai bagian-bagian yang beresiko tertelan oleh si kecil, berupa tali atau benang. 

Anda juga harus menghindari mainan yang memiliki material atau bagian tajam karena dapat membahayakan untuk si kecil terkait keamanannya. Pilihlah boneka dengan ukuran yang tidak terlalu besar supaya si kecil nyaman untuk memainkannya.

5.     Teether

Selain berguna untuk mainan, teether ini juga dapat membantu mengatasi rasa yang tidak nyaman ketika bayi mengalami tumbuh gigi dan juga dapat merangsang pertumbuhan giginya. 

Namun pastikan juga agar anda sudah mencuci dan juga membersihkan mainan tersebut dengan seksama sebelum anda mulai memberikannya untuk si kecil.

6.     Alat Musik

Semua mainan yang dapat mengeluarkan bunyi tentu saja bisa menarik hati dari si kecil. Untuk itu berikan mainan alat musik juga agar dapat membantu melatih motorik dari si bayi dengan cara dipencet atau dipukul sehingga dapat menghasilkan bunyi. 

Si kecil pun tentu saja akan bisa belajar mengenal sumber bunyi dari mainan yang anda berikan tersebut.

7.     Bola

Bola dapat menjadi mainan yang sangat menarik untuk si kecil atau bayi 4 bulan. Anda bisa memberikan bola untuk melatih otot motorik kasar dari si kecil. 

Caranya dengan menaruh bola agak jauh dari jangkau si kecil sehingga ia akan bergerak dan juga berusaha untuk meraihnya. 

Setelah itu, mintalah untuk ia melemparkan bola tersebut. Yang perlu diingat adalah beli bola yang sesuai dengan ukurannya, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

8.     Mainan Pencet

Mainan bayi 5 bulan berikutnya adalah pilihlah mainan yang bisa dipencet dan mengeluarkan bunyi ketika dipencet. 

Umumnya mainan ini terbuat dari bahan plastik ataukaret dengan bentuk mainan yang beragam. Mainan ini dapat berguna untuk merangsang motorik anak dan juga kognitifnya. 

Ia tentu saja akan belajar jika dengan memencet tentu bisa membuat mainan tersebut berbunyi mengeluarkan suara.

Stimulasi untuk Bayi 5 Bulan Agar Cerdas

Stimulasi bayi 5 bulan tentu saja tidak dapat disamakan dengan bayi satu dengan lainnya. Namun biasanya perkembangan normal yang akan muncul saat bayi 5 bulan merupakan ototnya sudah mulai berfungsi dengan stabil. 

Setiap bulannya, bayi tentu saja juga dapat menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Ketika bayi sudah menginjak 4 bulan tentu saja si kecil sudah mulai dapat berguling dengan otot di tangan dan kepala yang jauh lebih stabil dibandingkan sebelumnya.

Untuk bisa memaksimalkan dan juga mengoptimalkan tumbuh kembang bayi 5 bulan, ada beberapa tips dan juga hal sederhana yang dapat bunda lakukan. Berikut adalah beberapa stimulasi bayi 5 bulan yang bisa bunda lakukan.

1.     Berikan Bayi Sentuhan Sesering Mungkin

Memberikan bayi 5 bulan sentuhan, pelukan, usapan dan juga ciuman tentu saja akan sangat bermanfaat untuk bayi. Bunda sudah mulai bisa melakukannya lebih sering dan juga lebih rutin sejak bayi masih berusia 3 bulan. 

Sentuhan lembut di bagian tubuh bayi tentu saja bisa membantu mengasah kemampuan otak untuk merespon suatu hal sehingga tubuhnya dapat bereaksi. Selain itu, kegiatan memberikan sentuhan sesering mungkin kepada bayi bisa mempererat hubungan emosional antara ibu dan anak.

2.     Menimang Dan Mengayun Bayi

Otak kecil atau cerebellum tentu saja bisa menjadi bagian yang memiliki peran penting, mulai dari keseimbangan, gerakan, bahasa dan interaksi sosial. 

Bahkan kemampuan bermusik juga bisa kita stimulasiakn saat kita menimang dan juga mengayun bayi. Seringlah menimang, mengayun dan juga menggendong bayi sambil berjalan-jalan. 

Gerakan naik turun dan berputar ketika digendong seperti ini tidak hanya bisa membuat bayi 5 bulan senang, namun juga bisa mengaktifkan bagian dalam telinga bayi.

3.     Gantung Mainan Di Atas Tempat Tidur

Tahukah bunda jika mainan yang digantung di atas tempat tidur bayi bisa melatih koordinasi antara mata dna juga tangan bayi. 

Bayi bisa jadi belajar untuk lebih fokus terhadap apa yang ia lihat sebelumnya dan juga mencoba untuk meraih mainan tersebut. 

Usaha dari bayi untuk menggapai mainan dengan tangannya tersebut tentu saja bisa melatih otot tangan dari bayi 5 bulan. Ibu bisa melakuakn hal ini saat bayi sudah berusia 5 bulan.

4.     Buat Bunyi-Bunyian

Stimulasi bayi 5 bualn agar bisa cerdas berikutnya adalah dengan cara memberiakn bunyi-bunyian untuk bayi.

Bunyian tersebut entah dari tepukan tangan dari ibu, panggilan nama atau saat bayi memegang suatu mainan yang bisa mengelaurkan suara tentu saja bisa membuat bayi menengok dan juga mendekati sumber bunyi tersebut.

Selain bisa melatih indra pendengaran dan juga konsentrasi bayi, kegiatan ini juga bisa mengasah kemampuan otak dan juga merangsang kecerdasan bayi.

Bayi juga bisa mulai belajar jika bunyi tertentu yang dihasilkan oleh benda atau suatu kegiatan tertentu. Bisa jadi juga ia akan merespon dengan suara atau teriakan dari bayi anda. Umumnya dalam 5 bulan pertama bayi akan sudah mulai peka terhadap suara di sekelilingnya.

5.     Memanjat Tubuh Bunda

Bermain panjat-panjatan termasuk juga menjadi salah satu stimulasi bayi 5 bulan agar bisa menjadi cerdas dan baik untuk kita coba terhadap bayi kita tersebut. 

Tentu saja tidak ada tempat yang lebih baik untuk bayi latihan memanjat selain memanjat tubuh ayah atau ibu. 

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Mengatasi Bayi Sesak Nafas Karena Batuk

Tidak hanya menyenangkan, namun tubuh ibu adalah medan yang sangat aman untuk bayi 5 bulan dalam memanjat.

Di usianya ini bayi mungkin juga belum dapat bergerak terlalu aktif, namun tentu saja ia akan senang sekali bermain dengan tubuh ibu. 

Untuk itu letakkan bayi di atas dada atau perut ibu, kemudian angkat bayi sambil mengayunkan perlahan ke kiri dan kanan. 

Anda juga bisa meletakkan bayi di atas betis dan juga pegangi kedua tangannya tersebut, kemudian anda angkat kaki naik dan turun secara perlahan. Ketika bayi sudah bisa merangkak, biarkan bayi untuk memanjat serta menaiki tubuh ibu.

6.     Mendengarkan Musik

Bunda mungkin sudah tahu jika musik mempunyai banyak sekali manfaat untuk bayi. Manfaat dari mendengarkan musik untuk bayi diantaranya adalah bisa meningkatkan pembelajaran, perhatian dan juga daya ingat dari bayi. 

Hal ini juga sudah dibuktikan lewat suatu penelitian. Sebagai permulaan, bunda bisa mendengarkan musik kepada bayi. 

Ketika mendengarkan musik, bayi tentu saja akan ikut bergerak mengikuti alunan musik tersebut. Musik juga bisa meningkatkan mood dari bayi agar bisa membuatnya menjadi lebih bahagia.

Ketika bayi sudah mulai bisa duduk, mulailah dengan memperkenalkan instrumen musik seperti seruling, piano atau drum. 

Hal ini bisa membantu perkembangan kemampuan berpikir proporsional dan juga menstimulasi penalaran temporal dari bayi.

Makanan Bayi 5 Bulan Agar Bayi Sehat

Memberikan MPASI pertama bayi 5 bulan tentu saja kita tidak boleh sembarangan memberikan makanan tersebut. 

Harus ada beberapa hal yang dipertimbangkan dan juga diperhatikan untuk memberikan makanan bayi 5 bulan tersebut. Berikut adalah beberapa rekomendasi MPASI bayi 5 bulan agar bayi bisa tetap sehat.

Selalu konsultasi dengan dokter anak saat anak hendak diberikan MPASI. Dokter biasanya hanya membolehkan bayi menerima MPASI dini jika diikuti dengan kondisi medis, misalnya bayi yang kurus atau berat badan bayi yang kurang ketika bayi sudah berusia lebih dari 5 bulan.

Untuk bayi dengan berat badan cukup, dokter juga dapat memberikan lampu hijau terhadap pemberian MPASI Pertama bayi 5 bulan. Berikut adalah beberapa indikator atau syaratnya.

  • Otot leher bayi sudah mulai cukup kuat untuk menopang berat dari kepala bayi itu sendiri. Bayi juga sudah harus mempunyai kontrol kepada kepalanya saat ia di dudukan di kursi makan.
  • Bayi dapat menelan makanan yang jauh lebih kental dibandingkan ASI. Apabila bayi mengeluarkan kembali atau muntah saat diberi bubur sumsum, itu tandanya bayi 5 bulan adna belum siap untuk menerima MPASI 5 bulan.
  • Bayi sudah minat dan menunjukan ketertarikannya terhadap makanan saat disodori makanan. Tanda lainnya adalah ia bersemangat saat ada makanan di depannya atau ia mencoba untuk menggapai makanan yang anda sodorkan.
  • Berat badan bayi sudah cukup, untuk beberapa bayi berat badan yang berusia 5 bulan bisa mencapai dua kali berat dari badan lahir.

Untuk menu makanan bayi 5 bulan yang aman untuk diberikan, ada baiknya anda berkosultasi dengan dokter anak favorit anda. Beberapa dokter mungkin akan meminta anda untuk memulai dengan menu yang sederhana misalnya seperti karbohidrat dan juga buah-buahan yang juga mudah dicerna.

Walaupun demikian, AAP atau Akademi Dokter Anak Amerika tidak melarang kepada orang tua untuk mereka yang ingin memberikan makanan untuk bayi pada usia 5 bulan. 

Bahkan bayi juga dapat diberikan sumber protein sejak dini untuk bisa memastikan ia bisa mendapatkan cukup zinc dan zat besi yang akna penting untuk pertumbuhannya.

Apakah Boleh Bayi 5 Bulan Minum Susu Bayi 6 Bulan?
Bayi 5 Bulan Minum Susu Formula

Tentu saja pertanyaan yang sering muncul di benak bunda adalah apakah boleh bayi 5 bulan minum susu bayi 6 bulan? Sebenarnya bayi yang berusia 1 hingga 6 bulan sebenarnya hanya memerlukan asi secara eksklusif. 

Makanan terbaik ini tentu saja bisa diberikan kepada bayi secara full tanpa tambahan minuman dan juga makanan apapun lainnya. Kebutuhan bayi juga jangan khawatir kurang karena ASI ini mengandung semua gizi yang dibutuhkan oleh bayi.

Menurut AAP sendiri, dalam satu hari bayi hanya memerlukan 75 ml susu formula untuk setiap 453 gram dari berat tubuhnya. 

Selain takaran susu formula, berikut adalah hal yang harus bunda perhatikan sebelum memberikan susu formula untuk bayi.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Bayi

Setiap bayi tentu saja mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, tidak semua bayi di usia tertentu memerlukan jumlah formula yang sama. Beberapa bayi kemungkinan memerlukan lebih sedikit atau lebih banyak susu formula dibandingkan bayi lainnya. Oleh sebab itu, idealnya agar anda memberiakn susu formula sesuai dengan permintaan dari bayi.

Jangan Paksa Untuk Menghabiskan Susu Formula

Tidak masalah jika bayi menyisakan susu formula yang ada di botol dot, namun yang harus bunda perhatikan adalah segera membuang susu formula sisa tersebut. 

Pemberian susu formula ini berbeda dengan pemberian ASI Eksklusif karena bayi yang diberikan susu formula dapat beresiko overfeeding.

Konsultasi Dengan Dokter

Jika bayi mengkonsumsi susu formula 945 ml perhari, maka lebih baik bunda harus berkonsultasi dengan dokter anak. Pakar pediatrik sendiri mengatakan jika bayi tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi lebih dari 940 ml  perhari sampai dia berusia 12 bulan. 

Namun sebenarnya tentu saja tidak mungkin untuk bayi memerlukan lebih dari total takaran yang sudah disarankan.

Itulah beberapa perkembangan bayi usia 5 bulan yang harus diketahui oleh bunda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk bunda yang sedang memiliki bayi di usia 5 bulan tersebut.


Posting Komentar untuk "Perkembangan Bayi 5 Bulan: Orang Tua Wajib Tahu"