Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perubahan Bayi 3 Minggu sampai 2 Bulan, Tutorial Komplet untuk Mama

Tidak berasa sang kecil hampir berumur sebulan. Seperti apakah perubahan bayi tiga minggu dan apa yang perlu jadi perhatian?

Berikut banyak hal yang dapat Parents dapatkan dalam perubahan bayi tiga minggu.



Bila dibanding saat sang kecil baru lahir tempo hari, kemungkinan Bunda akan kaget dengan perubahan bayi umur tiga minggu yang sangat berlainan. Pada umur tiga minggu, bayi telah jadi lebih siaga akan lingkungan sekitarnya.

Di umur ini banyak juga orangtua yang mulai berasa dapat menyesuaikan dengan menjaga bayi. Orangtua mulai akan pahami apa yang diperlukan dan diharapkan oleh bayi mereka. Apa Parents rasakan hal sama?

Yok, cari info lebih dulu parameter perubahan bayi umur tiga minggu dan apa yang perlu Bunda lihat di bawah ini.

Perubahan Kekuatan Motorik Kasar Bayi 3 Minggu

Salah satunya pertanda perubahan bayi umur tiga minggu ialah dia mulai keluarkan beberapa suara yang menggemaskan.

Di umur tiga minggu bayi akan usaha mengusung kepalanya saat dia ditengkurapkan. Mendekati akhir pekan kemungkinan dia bisa mengalihkan kepalanya dari kanan ke kiri dan kebalikannya.

Parents akan senang menyaksikan perubahan bayi di umur ini karena gerakan tangan dan kakinya jadi lebih teratur. Ini muncul karena dia telah dapat semakin mengatur ke-2 nya.
Perubahan Kekuatan Motorik Lembut Bayi 3 Minggu

Umumnya bayi telah mempunyai kekuatan baru, yakni ikuti muka yang dikenalinya dan object yang bergerak dengan matanya.

Kemungkinan Parents akan alami contact mata dengan bayi. Di umur ini jarak pandang bayi untuk dapat menyaksikan secara jelas sekitaran 20-30 cm.

Artikel berkaitan: Kenapa Bayi Sukai Bermain Cilukba? Rupanya Ini yang Ada pada Pemikiran Mereka
Perubahan Kekuatan Komunikasi dan Bahasa

Dia akan minta semakin banyak ASI dan Bunda dapat manfaatkan waktu menyusui untuk ajaknya bicara. Dia kemungkinan tidur dengan mata yang sedikit terbuka, tapi itu normal, kok.
Perubahan Kekuatan Emosional dan Sosial

Pendengaran bayi telah berkembang seutuhnya pada umur ini dan mereka bisa melihat untuk cari sumber suara saat dengar suatu hal.sebuah hal. Disamping itu, mereka juga dapat mencium secara baik, bahkan juga mengenal wewangian ASI.

Otak bayi siap untuk bermacam-macam yang kompleks karena pandangan, kekuatan untuk konsentrasi, dan fokusnya sedang bertambah secara cepat. Bayi bisa memandang mainan yang dia pegang untuk memperhatikannya.

Tidak boleh cemas bila Parents berasa sang kecil kerap menangis. Menangis untuk bayi sebagai langkah untuk melepaskan emosi yang tidak teratasi. Tidak cuma saat mereka lapar atau buang air, tapi juga saat mereka berasa capek, jemu, atau overstimulasi.
Hal yang Harus Jadi perhatian untuk Menolong Perubahan Bayi 3 Minggu

Perubahan Bayi 3 Minggu, Tutorial Komplet untuk Parents

Gunakan waktu saat dia terbangun untuk ajaknya bermain, misalkan tirukan beberapa suara lucu atau gerakkan jari-jari Anda tirukan dinosaurus yang jalan dari ujung kaki sampai dada atau perutnya. Dia kemungkinan menggelinjang-menggeliat sebab menganggap geli dan memulai menyunggingkan senyum.

Ajak bayi berbicara dan sentuhan Anda bagus untuk perubahannya lebih lanjut, khususnya untuk membuat kekuatannya bicara sejak awal kali dan tingkatkan kesensitifan indra perabanya.

Tolong bayi untuk memperkuat otot-ototnya dengan lakukan tummy time sekalian dipantau, supaya dia dapat latihan mengusung kepalanya. Tummy time atau membaringkan bayi telungkup dapat menolong menahan kepala peyang, yang biasa terjadi bila dia cuma tiduran terlentang selama seharian.
Kesehatan Bayi 3 Minggu

Umur tiga minggu sebagai waktu di mana banyak bayi alami tanda-tanda kolik. Kolik ialah keadaan bayi menangis histeris dan susah untuk ditenangkan, umum terjadi pada sore hari, dan disebabkan karena ketaknyamanan yang dipacu oleh beragam factor.

Beberapa pakar memandang kolik disebabkan karena permasalahan pencernaan atau sensitivitas bayi yang berkembang. Kenyataannya, satu dari 5 bayi alami kolik dan umumnya capai pucuknya pada bayi berumur 4 dan 6 minggu.

Kolik ialah permasalahan umum yang dirasakan oleh bayi berumur tiga minggu, dan akan lenyap bersamaan dengan berjalannya waktu. Coba untuk menentramkan bayi dengan menggendongnya atau menyeka-usap punggungnya.

Apa Saja yang Harus Ditanyakan ke Dokter pada Bayi 3 Minggu?

Parents bisa juga konsultasi sama dokter apa bayi peka pada beberapa bahan dalam susu formulasi yang dia konsumsi atau suatu hal yang dikonsumsi Bunda saat menyusui.

Terlebih bila bayi memperlihatkan pertanda masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, mencret, dan lain-lain.

Yang Harus Dijumpai mengenai Perubahan Bayi 3 Minggu

"Kenalilah

Perkembangan bayi pada minggu ini dapat disebut cukup cepat. Beberapa bayi bahkan juga tidak dapat kembali menggunakan pakaian bayi baru lahir atau newborn karena telah sempit atau ngepas.

Berat bayi akan semakin bertambah sehari-harinya. Bayi berumur tiga minggu umumnya semakin bertambah sekitaran 100 g satu hari dan di akhir bulan awal akan tumbuh sekitaran 2,5 cm.

Walau demikian, jauhi memperbandingkan bayi dengan bayi lain. Yang paling penting dalam perkembangan bayi ialah bukan bagaimana dia sama dengan bayi lain, tapi bagaimana dia sesuaikan dengan kurva berat dan tinggi tubuhnya sendiri yang dapat dilihat di KMS.

Pandangan bayi di umur tiga minggu ini belum juga terlampau terang. Saat bayi berusaha untuk konsentrasi, kemungkinan Bunda menyaksikan matanya seperti terlihat cukup juling.

Namun, sebetulnya normal untuk umur ini, sepanjang ke-2  matanya bergerak (satu tidak terlihat diam). Mata bayi akan kelihatan lebih ‘lurus' saat mereka berumur enam bulan.

Hal yang Harus Jadi perhatian untuk Bayi 3 Minggu

1. Waktu Tidur

Bayi yang baru lahir sampai umur 3 atau empat bulan memerlukan 14 sampai 17 waktu tidur di dalam 24 jam, dan umumnya bangun tiap dua sampai empat jam untuk minum susu.

Namun, jadwal tidur bayi berlainan di antara satu sama yang lain. Ada bayi yang tidur siang dalam waktu yang lama, ada juga yang cuma tidur satu atau dua jam. Jam tidur bayi sedikit akan menyusut dibanding dua minggu awalnya saat dia baru dilahirkan.

Di umurnya saat ini bayi sedang dalam tahapan penyesuaian dengan siang dan malam, hingga tidak perlu cemas bila bayi belum ingin tidur semalaman

Bayi di umur ini sedang membuat jam alaminya untuk bangun, terbangun, dan menyusu. Tetapi, masih diperlukan waktu beberapa minggu kembali sampai kesukaannya tercipta dan jadi lebih teratur dibanding awalnya.

2. Minum Susu

Bayi sebaiknya disusui kapan pun mereka minta susu. Lihat pertanda bayi lapar misalkan menangis, mengecap-ngecap bibir, atau mencari puting. Bayi akan stop menyusu saat mereka telah kenyang.

Berapa kerap bayi umur tiga minggu harus disusui? Umumnya sekitaran 8 sampai 12 kali minum susu di dalam 24 jam.

Bayi tiga minggu masih tetap bangun tiap tiga sampai empat jam pada malam hari, tapi tidak ada apa-apa bila Bunda biarkan mereka tidur semakin lama. Tetapi, jangan dibiarkan bayi tidak menyusu lebih dari 5 jam. Bangunkan mereka bila perlu.

Bila bayi minum susu formulasi, di umur tiga minggu ini Bunda dapat menambahkan jatahnya sekitaran 88 ml sampai 118 ml tiap tiga sampai empat jam.
Hal yang Harus Dicurigai pada Bayi 3 Minggu

Jauhi tinggalkan bayi tanpa pemantauan dalam waktu yang lama, khususnya saat mereka melakukan tummy time. Bila perlu tinggalkan bayi sesaat, tempatkan dia di bouncer atau tempat tidurnya yang diperlengkapi dengan pengaman.

Yakinkan juga berat tubuh bayi semakin bertambah secara baik sesuai kurvanya dan tanyakan ini ke dokter. Di umur ini juga semestinya perlekatan bayi saat menyusu harus telah baik, bila tidak seharusnya konsultasi dengan konselor laktasi.

Anjuran untuk Bunda

Pada minggu ke-3  kelahiran sang kecil, Bunda kemungkinan akan hadapi persoalan yang serupa, yakni rasa lemas dan bimbang. Ini lumrah muncul karena akar pemicunya sama, yakni terbatasnya waktu untuk tidur.

Hal ini diperburuk dengan asumsi di sejumlah wilayah di Indonesia jika ibu yang barusan melahirkan jangan tidur pada pagi atau siang hari karena darah putih akan naik ke mata dan dapat membuat mata jadi buta.

Ini ialah sebuah dogma yang belum bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah dan Bunda dapat menjelaskan "kata dokter itu tidak betul" bila orang paling dekat protes Bunda karena tidur pada pagi atau siang hari.

Baiknya, sich, Bunda mempunyai seorang yang dapat menolong Anda kerjakan tugas rumah tangga atau untuk mengasuh anak Anda lainnya saat Anda istirahat. Tetapi Bunda dapat coba trick berikut bila harus mengasuh bayi baru lahir seorang diri.

Cepatlah bangun tidur, mandi, dan kerjakan tugas rumah enteng saat bayi masih tidur pada pagi hari. Setelah dia dimandikan, menyusu, dan tidur, gunakan waktu untuk tidur sesaat di seginya sepanjang beberapa saat.

***

Tersebut banyak hal yang penting jadi perhatian sekitar perubahan bayi umur tiga minggu. Mudah-mudahan bisa berguna!