Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perubahan Bayi 1 Bulan, Ini yang Harus Dilaksanakan Mama!

Perubahan bayi 1 bulan menjadi satu diantara tahapan perubahan yang paling menyenangkan untuk mayoritas orang-tua. Masalahnya pada awal kehidupan itu jadi tonggak awalnya tumbuh berkembang sang kecil. Cukup banyak Parents yang tetap memperhatikan wujud badan, gerak-gerik, dan sentuhan halus kulit si bayi.

Di beberapa minggu awalnya hidupnya, bayi akan tumbuh cepat dan banyak belajar. Pada umur 1 bulan, dekapan, tidur, dan menyusui ialah hal yang terpenting untuk bayi. Saat yang orang-tua habiskan dengan mereka akan menolong otak bayi berkembang dan tumbuh cepat untuk mengenali dunia.



Walau beberapa orang-tua akui kecapekan karena bayi terus-terusan menangis tanpa argumen yang terang, tetapi perubahan bayi 1 bulan menjadi fenomena. Bayi umur 1 bulan mempunyai tingkatan perubahan yang bisa jadi dasar untuk Parents dalam menyaksikan perubahan anak. Berikut apa yang terjadi dalam perubahan bayi 1 bulan.

Perubahan Fisik
Perubahan Sensori
Perubahan Kognitif
Perubahan Emosi dan Sosial
Kekuatan Berbicara dan Bahasa
Hal yang Harus Jadi perhatian pada Bayi Umur 1 Bulan
Apa yang Harus Dilaksanakan?
Kapan Harus Berasa Cemas?
Bahas dengan Dokter
Ke Mana Harus Cari Kontribusi?

Perubahan Fisik bayi 1 bulan

Bayi baru lahir memegang jemari orang dewasa ialah sisi proses dari perubahan bayi 1 bulan.

Perubahan bayi 1 bulan kadang masih tidak cukup demikian kelihatan terang. Tetapi, bayi baru lahir yang memegang jemari orang dewasa ialah sisi proses dari perubahan bayi 1 bulan.

Saat bayi baru lahir, ia telah mempunyai kekuatan mengagumkan walau harus tempuh perjalanan panjang dalam soal tumbuh berkembang. Bayi yang lahir secara normal tanpa kompleksitas apa saja mempunyai naluri untuk bernapas, mengepalkan tangan, memegang jemari, bahkan juga menghirup bau badan si ibu dan dapat membandingkannya dengan berbau badan seseorang.

Beberapa bayi belajar menghisap jempol saat masih dalam kandungan. Bayi baru lahir terlihat cuma lakukan 4 hal ini. Dimulai dari menyusu, menangis, tidur, dan tukar popok. Pada umur sebulan, bayi mempunyai sedikit kendalian otot dan tergantung pada gerak reflek. Seperti menghisap, menguap, menangis dan bersin. Ini akan berbeda bersamaan pertambahan usia bayi dan ia mengetahui jika ia mempunyai kontrol pada badannya sendiri.

Dalam umur ini, bayi akan mengetahui jika ia mempunyai tangan, dan ia punyai kendalian pada tangan itu. Seperti memegang jemari ibu, atau menghisap jempolnya sendiri saat lapar.

Perubahan Sensori bayi 1 bulan

Bukan hanya fisiknya saja, kekuatan sensorik bayi umur 1 bulan sebetulnya dapat disaksikan dari beberapa faktor, misalnya:

Pandangan

Tidak boleh terkejut saat menyaksikan mata bayi sedikit lebam sesudah lahir ke dunia. Biasanya, tenaga medis akan memberi salep mata antibiotik untuk menolong kesehatan penglihatannya.

Di awal kehidupan, bayi dapat buka matanya selekasnya sesudah dia lahir. Tapi, jarak pandangnya terbatas 1 mtr., lebih dari itulah tidak dapat menyaksikan secara jelas. Ia dapat menyaksikan terang muka ibu saat menyusui, dan ini ialah langkah terbaik untuk merajut ikatan ibu dan bayi.

Melihat ke mata bayi, adalah hal paling penting pada proses bonding. Bayi semakin lebih mengenali orangtuanya dengan menyaksikan muka mereka, dan ikatan di antara ibu dan anak akan makin kuat.

Pendengaran

Telinga bayi bisa dengar, semenjak dia berumur 28 minggu dalam kandungan. Dari dalam kandungan ibu, dia dapat dengar suara pada tubuh ibu dan beberapa suara di dunia luar badan si ibu.

Suara ibu ialah favorite bayi, terlebih bila sedang berbicara atau menyanyi. Bayi dapat menjadi kebingungan saat suara kesukaannya kedengar geram atau bersedih. Riset mendapati jika bayi baru lahir mempunyai reaksi kuat pada suara wanita bersuara tinggi dibanding suara berat seorang lelaki.

Penciuman

Hidung bayi sangat peka, bahkan juga ia dapat membandingkan berbau ibunya dengan berbau seseorang. Ini selanjutnya di gabung dengan indera perasa (lidah) yang telah berkembang secara baik, yang membuat ASI atau susu formulasi mempunyai rasa manis untuk bayi.

Indera Peraba bayi 1 bulan

pijatan di badan bayi dapat menolong tumbuh berkembangnya lebih maksimal

Pijatan di badan bayi dapat menolong tumbuh berkembangnya lebih maksimal. Tiap sentuhan yang dirasa akan bawa hati tenang dan berbahagia. Pijat bayi adalah langkah untuk membuat kelekatan atau bonding dengan bayi, karena ia akan terasa nyaman dan tenang bila dipijat. Disamping itu, pijatan menolong tumbuh berkembang bayi, khususnya ototnya.

Refleks

Bayi lahir dengan beberapa refleks yang perlu untuk tetap bertahan hidup. Meliputi refleks rooting, yakni refleks cari puting saat pipinya didekatkan ke payudara ibu, refleks menghisap dan menelan, dan reflek terselak agar ia tidak minum ASI kebanyakan.

Disamping itu, perubahan bayi 1 bulan berkaitan refleks yakni kekuatan memegang jemari orang-tua saat menempatkannya pada tangan bayi (refleks Palmar), dan reaksi resah saat ia kaget (refleks Moro).

Bayi baru lahir mempunyai reflek untuk batuk keluarkan lendir dari paru-parunya, sepanjang sekitaran sembilan bulan. Saat bayi ditempatkan pada status telungkup, secara reflek ia akan memiringkan kepala untuk menolongnya bernapas.

Perubahan Kognitif

Perubahan kognitif meliputi kekuatan bayi untuk mengolah sebuah info, terhitung ingat, pecahkan permasalahan, dan memutuskan.

Sebagai permulaan, bayi akan mempernyerap info tentang dunia baru di luar kandungan, dan beberapa orang disekelilingnya. Bayi akan memperhatikan orangtuanya, dengarkan apa yang dibahas, dan memperhatikan segala hal di sekitarnya.

Perubahan kognitif pada tumbuh berkembang bayi 1 bulan dapat disaksikan dari langkah ia dengar dan menyaksikan. Bila ia tidak memberi tanggapan pada suara keras, atau matanya tidak ikuti pergerakan orang-tua. Coba ke klinik tumbuh berkembang atau dokter yang umum menjaga sang kecil Anda.

Perubahan Emosi dan Sosial Bayi 1 Bulan

Meremehkan tangis bayi kelamaan dapat mengganggu proses tumbuh berkembangnya

Bayi baru lahir cuma dapat menangis sebagai langkah untuk berbicara saat ia mempunyai satu keperluan. Lapar, popok basah, terlampau capek, kedinginan, kepanasan, dan sebagainya. Karena itu, jangan dibiarkan bayi menangis kelamaan. Pengabaian pada tangisannya dapat  mencelakakan proses tumbuh berkembang bayi.

Pada umur 1 bulan, bayi gampang dipengaruhi oleh orang yang menjaganya. Ia bisa menjadi rewel saat orang-tua geram-marah, atau berasa suka saat orang-tua berbahagia. Bayi dapat berasa tenang dan suka bila dibawa berbicara dengan suara halus dan perlahan-lahan.

Sebagai sisi dari tumbuh berkembangnya, bayi mulai belajar bagaimana memperlihatkan emosinya dengan menyaksikan sikap orang-tua. Bila orang-tua berlaku tenang, bayi akan mengikutinya.

Disamping itu, perubahan emosi dan sosial pada bayi umur 1 bulan dapat disaksikan saat dia buka mata lebar dan mulut membulat sebagai pertanda siaga. Umumnya, bayi akan berasa tegang dan siaga saat dengar suara tidak membahagiakan, seperti musik atau suara yang terlampau kencang.
Kekuatan Berbicara dan Bahasa

Perubahan bahasa dan kekuatan berbicara bayi diawali saat mekanisme pendengarannya mulai tumbuh. Bayi baru lahir akan bicara lewat tangis, meringis, menyeringai, menggelinjang, sebagai gestur emosional. keperluan fisiknya seperti lapar, frustasi atau kebanyakan stimulan.
Hal yang Harus Jadi perhatian pada Bayi Umur 1 Bulan

Selainnya perubahan fisik, sensori, kognitif, emosi dan sosial, dan berbicara dan bahasa, orang-tua harus juga memperhatikan banyak hal sekitar perubahan bayi 1 bulan. Satu diantaranya ialah berkaitan rutinitas menangis pada bayi muda. Study memperlihatkan jika 80 sampai 90 % bayi mempunyai sesion menangis tanpa argumen tiap hari dari 15 menit sampai satu jam. Kadang sesion ini bisa diprediksikan, seperti pada malam hari atau sesudah hari yang repot di luar rumah. Kadang mereka ada demikian saja dan tidak tersangka.

Karena itu, orang-tua harus pastikan apa bayi lapar atau mungkin tidak. Lakukan untuk memberikannya makan atau menyusuinya tiap 2-3 jam sekali untuk membuat kenyang. Disamping itu, yakinkan popoknya tidak basah supaya membuat nyaman. Anjuran dari IDAI, orang-tua perlu menukar popok bayi sekerap kemungkinan sekitaran 2-3 jam sekali, khususnya pada bayi baru lahir yang seringkali buang air kecil.

Dikutip dari situs What to Expect, bila bayi masih tetap rewel, coba untuk menimang-nimang sekalian mengayunkan tubuh, ajak jalanan di sekitar rumah, menyanyi, atau merengkuhnya. Tetapi bila tangisannya tidak stop, bisa jadi bayi alami kolik.

Adapun ciri-ciri kolik pada bayi 1 bulan, yakni tangan mengepal, mata tertutup rapat atau lebar terbuka, lutut tarik ke dadanya, anggota tubuh yang terayun-ayun, perut bergas, dan gempuran napas pendek.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk coba membedong bayi supaya masih tetap hangat bila mereka kedinginan. Langkah ini dirasakan bisa menurunkan tangisan bayi.

Tidak itu saja, hal yang penting jadi perhatian pada perubahan bayi 1 bulan ialah permasalahan tali pusat dan kesehatan organ reproduksi. Yakinkan tali pusat bayi telah terlepas (puput) pada minggu awal kehidupan sang kecil. Coba yakinkan untuk selalu bersih dan kering dengan membersihkan sama air hangat sisi tali pusat secara perlahan-lahan saat mandi, selanjutnya keringkan dengan kapas atau kain kasa sampai betul-betul jadi kering.

Harus diingat, tidak boleh kadang-kadang menenggelamkan tali pusat yang mencolok atau bodong. Keadaan ini kerap disebutkan dengan hernia umbilikalis. Tetapi, hernia umbilikalis kecil umumnya pulih sendiri dalam beberapa waktu, yang semakin besar dalam sekian tahun. Kenyataannya, umumnya dokter tidak mereferensikan operasi hernia sampai umur 6 atau tujuh tahun.

Bila orang-tua memutuskan untuk menyunat bayi lelaki, Anda kemungkinan bertanya apa yang normal dalam soal penisnya. Seperti tali pusar yang mengobati, penis yang baru disunat tetap harus bersih dan kering. Maknanya, tidak dianjurkan mandi sampai penis bayi yang disunat pulih. Umumnya, ini akan memerlukan waktu sekitaran 7 sampai 10 hari. Disamping itu, tidak boleh terkejut bila menyaksikan sedikit ada pendarahan disekitaran lokasi operasi. Ini sebagai sisi proses dari pengobatan alami badan.

Apa yang Harus Dilaksanakan untuk Menolong Perubahan Bayi 1 Bulan?

Di umurnya yang paling muda, bayi memang sering habiskan waktu untuk tidur. Tetapi ini bukanlah jadi argumen tidak untuk memberinya stimulan tumbuh berkembang.

Merilis situs Pregnancy, Birth and Baby, coba untuk habiskan waktu sebanyak-banyaknya dengan bayi. Menyaksikan jauh ke mata sang kecil dan tersenyum dari mereka akan menolong bayi untuk terlilit, merasakan aman, dan terlindung.

Walau mereka tidak pahami, mereka akan suka dengar suara. Karena itu, baca buku bersama-sama dan nyanyikan untuk bayi. Musik menolong menggairahkan indra mereka dan akan membuat mereka masih tetap terhibur. Bermain sama mereka akan perkuat ikatan batin ibu dan anak.

Tolong bayi meningkatkan kemampuan leher dengan lakukan tummy time (telungkup) sepanjang 1 sampai 5 menit setiap saat. Selalu pantau bayi selama saat telungkup dan selalu untuk mereka tidur telentang. Bila kurang percaya untuk melakukan sendiri, mencari kontribusi tenaga medis untuk mengajari langkah yang betul menengkurapkan bayi 1 bulan.
Kapan Harus Berasa Cemas Pada Perubahan Bayi 1 Bulan?

Tumbuh berkembang bayi tergantung pada beragam factor yang terjadi sepanjang kehamilan dan sesudah kelahiran. Seperti kesehatan ibu sepanjang hamil, umur kehamilan saat bayi lahir, kompleksitas saat persalinan, factor genetik dna lingkungan, dan penyakit yang serang bayi.

Sikap orang-tua yang diperuntukkan pada bayi, personalitas dan pengajaran mereka mempunyai dampak dalam masalah ini. Bayi yang tumbuh di dalam lingkungan yang sehat dan penuh cinta akan berkembang dengan lebih bagus dibandingkan bayi yang tumbuh di lingkungan kurang nyaman.
Apa yang Perlu Dibicarakan dengan Dokter Berkaitan Perubahan Bayi?

Bayi berkembang di tingkat yang lain. Pada 1 bulan, orang-tua akan belajar mengenai bayi dan keperluannya. Tapi, bahas sama dokter atau perawat kesehatan anak bila:

Bayi tidak makan (menyusu) secara baik
Bayi dengan teratur tidur lebih dari 16 jam satu hari
Bayi tidak gerakkan tangan atau kaki mereka
Bayi tidak ikuti muka Anda dengan mata mereka atau memberi respon saat mereka menyaksikan Anda
Bayi tidak keluarkan suara gemericik
Bayi tidak kaget atau kelihatannya tidak dengar suatu hal
Anda cemas mengenai tangisan atau tidur bayi Anda.

Ke Mana Harus Cari Kontribusi?

Bila bayi Anda tidak penuhi tingkatan tumbuh berkembang yang bagus atau kemajuannya jalan lamban sampai membuat Anda cemas, konsultasilah sama dokter anak atau dokter umum tentang ini.

Tapi, Anda harus juga ingat jika tiap bayi mempunyai proses tumbuh berkembang yang lain. Tiap bayi punyai kekhasan sendiri, penuhi tingkatan tumbuh berkembang secara lambat atau cepat tidak jamin tumbuh berkembangnya di masa datang akan berjalan sama.

Bila bayi Anda kelihatan tumbuh dengan sehat walau dia belum berbicara seperti bayi seusianya, tak perlu cemas. Masih tetap beri cinta dan kasih-sayang yang berlimpah buatnya, karena itu yang paling bayi perlukan dari Anda.

Mudah-mudahan berguna.