Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 Tumbuh Kembang Bayi Umur Satu Bulan, Mama Perlu Tahu!

Di umur ini, bayi biasanya semakin banyak habiskan waktunya untuk tidur dan menyusu

Bayi yang berumur sebulan tidak dapat lakukan beberapa hal. Di umur ini bayi semakin banyak tidur, buang air kecil, bab, dan menyusu.

Walau demikian, di umur sebulan, bayi mulai pelajari beberapa hal fundamental mengenai kehidupan, seperti langkah bergerak, makan, tidur, dan berbicara. Di umur ini bayi mengomunikasikan beberapa hal yang mereka alami melalui tangisan.

Untuk memperjelasnya, berikut Popmama.com sudah kumpulkan tumbuh berkembang bayi umur sebulan yang penting Mama kenali. Yok, dibaca, Ma!

1. Perkembangan

Pada umur 1 bulan, berat tubuh bayi bertambah secara cepat sekitaran 1/2 sampai satu ons setiap harinya. Saat masuk umur 1 bulan, peningkatan berat tubuh bayi sekitaran 800 grams dari saat kelahiranya.

Rerata bayi lelaki berumur sebulan mempunyai berat 3,4 kg - 5,7 kg, dan bayi wanita sekitaran 3,2 kg - 5,4 kg. Pada umur sebulan juga umumnya bayi lelaki mempunyai panjang sekitaran 50-60 cm dan 49-59 cm untuk bayi wanita.

Tidak itu saja, lingkar kepala bayi lelaki pada umur sebulan sekitaran 35,1 cm - 39,5 cm dan lingkar kepala bayi wanita sekitaran 34,3 cm - 38,8 cm. Bersamaan pertambahan umur, kepala bayi akan turut mengeras.

2. Gerak motorik

Bayi yang baru lahir mempunyai beberapa refleks bawaan seperti menghisap. Disamping itu, jika Mama memberi jemari ke telapak tangan mereka, mereka akan selekasnya mengepalkan tangan mereka disekelilingnya.

Pada umur sebulan kemungkinan sang Kecil dapat melihat ke kiri dan ke kanan, tapi mereka tidak dapat menyokong kepala mereka dengan tegak, jadi yakinkan Mama selalu menempatkan tangan di bawah kepala sang kecil setiap ingin mengusungnya.

Disamping itu, pada umur ini bayi dapat mulai mengusung tanganya sampai ke kepala, bahkan juga masukkan tangannya ke mulut. Mereka mulai bisa membentak dan mendorong-dorong kaki. Beberapa gerakan ini akan makin lebih baik bersamaan perubahan sang Kecil.

3. Panca indera

Pada umur sebulan, perubahan pandangan bayi makin baik, Ma. Begitu halnya pendengaranya yang berkembang, mereka akan mengenal suara orang-tua mereka yang umum mereka dengar dalam kandungan. Di umur ini bayi bayi mulai mengenal dengan wewangian badan orangtuanya.

4. Air muka

Bayi berumur sebulan memanglah belum dapat bicara. Namun, air muka mereka memberitahu beberapa hal, seperti menangis dan tersenyum.​​ Mereka mulai memberi respon suara keras dengan memperlihatkan gestur terkejut.

Pada umur ini, bayi mulai memberikan mimik mukanya. Mereka juga bisa mulai mengusung alis, memperlebar atau menyipitkan mata, meruncingkan bibir mereka, menjulurkan lidah, dan mengerutkan dahi.

5. Jam tidur

Bersamaan berusianya yang semakin bertambah, waktu tidur bayi mulai akan menyusut. Saat bayi masuk umur sebulan, durasi waktu tidurnya sepanjang 14 sampai 16 jam satu hari, Ma. Di siang hari bayi akan tidur sekitaran 6-7 jam dan 8-9 jam pada malam hari.

6. Waktu bayi menyusu

Di bulan awal, bayi bisa menyusu 8 sampai 12 kali dalam satu hari. Mereka diwajibkan untuk menyusu tiap dua sampai empat jam sekali. Durasi waktu menyusu bayi berumur sebulan memerlukan waktu sekitaran 20-45 menit.

Di umur ini, bayi memerlukan sekitaran 750 ml ASI setiap harinya. Keperluan konsumsi ASI yang semakin ini disebabkan karena lambung sang Kecil yang makin besar, Ma.

Bayi yang lapar umumnya jadi rewel dan menangis. Jika cukup kenyang mereka akan kelihatan benar-benar tenang serta condong tertidur.

7. Komunikasi

Pemicu bayi menangis terus-terusan.

Bayi yang berumur sebulan mulai belajar mengenal beberapa orang yang berbicara denganya, khususnya dengan matanya. Umumnya bayi keluarkan suara "Ah" saat menyaksikan muka dan dengar suara orangtuanya.

Walau demikian, mereka condong memakai satu langkah untuk berbicara, yakni dengan menangis. Menangis ialah langkah bayi untuk memberitahu jika mereka sedang lapar atau popoknya basah, Ma.

Nach tersebut barusan penjesalan berkenaan tumbuh berkembang bayi sebulan. Mudah-mudahan artikel ini berguna, ya, Ma!