Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendidik Anak Supaya Tidak Manja

Mamaenka - Cinta orang-tua pada anaknya memang tidak pernah ada batas. Tetapi memberikan apa yang anak ingin bukan satu perihal yang akurat. Hal itu bukan cinta yang mendidik. Hal itu cuma akan membuat buah kesayangan Anda tumbuh jadi individu yang manja.

Mengaplikasikan beberapa batasan dan beberapa aturan sangat perlu dalam mendidik sang kecil, supaya tertancap keterdisiplinan yang hendak membuat watak dan personalitas baik dalam diri buah kesayangan Anda. 

Coba beberapa trik berikut dalam mendidik sang kecil supaya berkembang jadi individu yang semakin lebih berdikari:

1. Anda Harus Stabil Pada Ketentuan Yang Sudah Anda Buat

Jaga stabilitas ketentuan yang sudah Anda bikin sangat penting. Bila Anda sudah memutuskan pola tidur malam sang kecil, misalkan dia harusnya masuk kamar pada pukul 8 malam, karena itu patuhilah ketentuan itu.

Jangan dibiarkan Anda mengizinkan sang kecil masih tetap ada di luar kamarnya lebih dari agenda yang sudah diputuskan. Ini sama dengan mengajarkannya tidak untuk disiplin pada ketentuan yang terdapat . Maka tetaplah patuh pada ketentuan yang sudah dibikin hingga buah kesayangan Anda juga berkembang menjadi individu yang disiplin.

2. Tidak boleh Takut Membuat Buah Hati Anda Sedih

Sebagai orang-tua Anda tentu ingin selalu menyenangkan buah kesayangan Anda. Pasti Anda akan berasa sakit saat menyaksikan sang kecil berduka karena apakah yang dia harapkan tidak dapat Anda penuhi. Tetapi ada seorang psikiater yang menjelaskan jika mengajarkan beberapa anak untuk tidak selamanya memperoleh apakah yang dia harapkan ialah hal yang baik sekali dan mendidik.

Buah kesayangan Anda harus belajar terima rasa sedih karena melalui hal tersebut dia akan belajar bagaimana menangani dan menyembuhkan hati sedih dan stress yang dirasakan hingga di periode mendatang sang kecil dapat secara mudah menyembuhkan hati kecewanya dan selekasnya bangun meneruskan hidup kembali.

3. Tidak boleh Sebelumnya pernah Meyerah Dengan Rengekan Buah Hati Anda

Saat kemauan buah kesayangan Anda tidak tercukupi, dia pasti mulai menangis, merengek-rengek sambil merayu Anda supaya Anda ingin mengikuti kemauannya. Pada keadaan semacam ini seharusnya Anda bertahan dan jangan putus asa dengan sikap buah kesayangan Anda yang terus menerus merengek-rengek minta apakah yang dia harapkan.

Sekali Anda mengizinkan, sang kecil akan jadikan ini sebagai senjata yang dapat mereka pakai masa datang supaya kemauannya dapat tercukupi. Menjadi lebih baik Anda memberikan pemahaman kenapa mereka tidak bisa memperoleh apakah yang mereka harapkan.

4. Lakukan Sang Kecil Untuk Menuntaskan Apa Yang Telah Jadi Pekerjaannya Saat sebelum Bermain

Jangan sampai melatih sang kecil untuk tunda kerjanya. Sikap semacam ini tidak arif untuk diberikan pada buah kesayangan Anda. Riset memberikan jika berlaku tegas pada pekerjaan dan tanggungjawab yang perlu digerakkan buah kesayangan Anda sangat penting. Ini akan menolong dia meningkatkan kekuatannya dalam mengatasi hati frustasi dan ketekan.

Pasti ini benar-benar bermanfaat untuk buah kesayangan Anda saat dia mulai dewasa nanti. Anda sebagai orang-tua juga harus mulai mengetahui jika buah kesayangan Anda sekarang mulai dapat membenahi bermainan nya sendiri bahkan juga dia juga telah bisa menolong Anda membenahi ruang tidur nya sendiri . Maka cicipilah saat-saat pertumbuhanya dan tuntunlah terus sang kecil supaya tumbuh jadi anak yang berdikari.

5. Jika sang kecil ingin lakukan suatu hal diamkan dia memberikan argumennya pada Anda

Bila sang kecil mengutarakan kemauannya untuk lakukan suatu hal dan Anda tidak begitu percaya untuk memberinya izin, hal yang perlu Anda kerjakan yaitu tanyalah kenapa sang kecil ingin lakukan hal itu dan ungkaplah jika Anda sangsi untuk memberinya izin.

Kemungkinan kemudian sang kecil akan memberikan reaksi dan lakukan beberapa tindakan untuk memberikan keyakinan Anda supaya ingin memberinya izin. Diamkan dia berusaha memberikan keyakinan Anda. Jika buah kesayangan Anda sudah janji untuk membenahi bermainannya, dan tidur siang on time hingga Anda ingin memberikan izin sang kecil untuk bermain, karena itu awasilah supaya sang kecil memenuhi apakah yang dia ucapkan. Jika memang dia penuhi apakah yang sudah dia ucapkan, Anda baru bisa mengikuti apakah yang dia harapkan.

6. Bikinlah Ketentuan Yang Terang Dan Tidak Memusingkan

Beberapa aturan yang Anda bikin sebaiknya terang dan tegas. Dengan demikian buah kesayangan Anda tidak kebingungan dengan ketentuan yang terdapat dan dia mulai belajar untuk pahami ketentuan apakah yang Anda aplikasikan. Tidak boleh membuat sang kecil mempunyai interpretasi lain berkenaan instruksi-intruksi Anda. Karena itu untuk menghindar darinya ucapkanlah instruksi Anda secara jelas dan tegas.

Anda dapat bandingkan kalimat perintah ini. Saat sang kecil minta untuk dibelikan kue kegemarannya dan Anda berpikiran tidak ada apa-apa bila sekali ini Anda mengizinkan sang kecil makan kue tersebut. Anda lebih bagus menjelaskan "Adik, mama cuma mengizinkan kamu membeli 1 kue saja, tidak boleh minta lebih ya" ini memberikan perintah yang terang dan tegas bila dibanding "ya, kamu bisa makan kue, mengambil saja…" perintah pada kalimat ini tidak terang dan memunculkan interpretasi lain.

Bisa jadi sang kecil berpikiran jika dia diizinkan ambil kue yang dia ingin sebanyaknya atau dia bisa ambil kue apapun itu yang dia sukai sebanyaknya. Oleh karena itu jauhi kata-kata yang problematis dan membuat buah kesayangan Anda kebingungan.

7. Sampaikan Sang Kecil Untuk Berusaha Keras Bila Ingin Memperoleh Apa Yang Dia Ingin

Beberapa pakar yakini jika sikap manja pada beberapa anak bermula karena dia berasa gampang dalam memperoleh suatu hal yang diharapkan. Oleh karena itu ajarilah buah kesayangan Anda jika tidak ada satu perihal juga di bumi ini yang didapatkan gratis.

Jadi jika sang kecil ingin memperoleh suatu hal, dia harus berusaha keras merealisasikan apakah yang dia ingin. Jika sang kecil ingin memperoleh bermainan baru, lebih bagus Anda tidak langsung membelikannya. Ajarilah buah kesayangan Anda untuk menabung bila ingin mempunyai bermainan baru.

Selainnya mengajarkan sang kecil tidak untuk boros, Anda pun mengajarkan sang kecil mengasihi apakah yang dia punyai. Pasti dia semakin lebih jaga bermainan yang dia punyai karena dia beli bermainannya sesudah menabung demikian lama apabila bermainan itu rusak dia tidak bisa menukar atau membeli secara mudah.