Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Susu Formula Untuk Bayi, Berapa Banyak Ukurannya?

Mamaenka - Jika sang kecil konsumsi sufor (susu formulasi) secara terbatas, sudah pernahkah Bunda bertanya, apa susu formulasi yang diminum bayi Anda cukup? Apa dia memperoleh kebanyakan atau justru terlampau sedikit susu formula?

Sebetulnya ukuran cukup untuk bayi kita itu berapa banyak ya? Rupanya jawabnya bergantung pada berapakah berat tubuh dan bagaimana perkembangan dan perubahan buah kesayangan Anda.

Seperti orang dewasa, bayi makan saat berasa lapar dan stop saat berasa kenyang. Tetapi bayi yang konsumsi susu formulasi condong mempunyai berat tubuh yang semakin lebih tinggi dibanding bayi yang memperoleh ASI secara terbatas.



Tetapi memang nafsu makan bayi berbeda. Kembali juga, keperluan gizi tiap bayi berbeda dari waktu ke waktu dan bulan ke bulan.

Kami punyai tutorial berapa banyak bayi harus minum susu formulasi. Tutorial ini diperuntukkan untuk bayi yang terbatas konsumsi susu formulasi semenjak 4-6 bulan awal. Lantas dikasih gabungan susu formulasi dan makanan padat dari enam bulan - satu tahun. Jika Anda meng ikuti tutorial dasar ini dan periksakan sang kecil dengan teratur ke dokter anak, itu maknanya buah kesayangan Anda ada pada lajur yang akurat. Silakan dibaca, ya Bun.

Tidak boleh berikan bayi Anda lebih dari 32 ounce (sekitaran 907,2 gr) susu formulasi dalam satu hari. Saat dia mulai terima makanan padat, Anda pun perlu kurangi ukuran susu bayi yang Anda beri.
Dokter anak umumnya akan memberitahukan posisi bayi Anda pada tabel tumbuh-kembangnya. Ini bisa menolong pastikan sang kecil tumbuh secara baik dan mendapat jumlah susu formulasi yang cukup. Bila Bunda memberikan sang kecil gabungan ASI dan susu formulasi, Anda perlu mengulasnya selanjutnya sama dokter untuk mendapatkan anjuran berapa banyak sufor yang perlu Anda beri yang semakin lebih terperinci.

Pada umur empat sampai enam bulan awal saat bayi Anda belum konsumsi makanan padat, beri 2,5 ounce (70,875 gr) susu formulasi untuk tiap pound (453 gr) berat tubuhnya tiap hari. Misalkan, bila bayi Anda mempunyai berat tubuh 6 pound (2,718 kg), Anda perlu memberikan sekitaran 15 ounce (425,25 gr) susu formulasi dalam periode waktu 24 jam. Bila berat tubuh sang kecil capai 10 pound (4,53 kg), Anda baiknya memberikan sekitaran 25 ounce (708,75 gr) susu formulasi di dalam 24 jam.

Perhitungan semacam ini tidak memiliki sifat kaku. Ini cuma berbentuk penghitungan rerata untuk jumlah yang diperlukan bayi. Jumlah ukuran makanan setiap harinya akan bervariatif menurut keperluan pribadi. Dengan begitu, dapat menjadi dia akan minta semakin banyak susu formulasi dalam beberapa ini hari tetapi selanjutnya ukurannya jadi menyusut di beberapa hari selanjutnya.

Sebaiknya Bunda pelajari langkah mengenal pertanda lapar yang diperlihatkan sang kecil. Dengan demikian Anda tertolong untuk ketahui kapan dan berapa banyak susu formulasi yang penting diberi. Saat bayi baru lahir berasa lapar, umumnya ia akan menangis. Tetapi tangisannya sebagai pertanda kelaparan yang telat.

Pertanda jika dia lapar yang semakin lebih awalnya dan dapat disaksikan ialah dia mengecap-ngecap dengan ke-2  bibirnya, lakukan pergerakan mengisap, melihat ke tangan Anda saat Anda menyeka pipinya, dan masukkan tangannya ke mulut.

Bayi Anda umumnya akan berasa lebih lapar dari beberapa hari biasa ketika perkembangannya bisa lebih cepat dari keadaan normal (growth spurts). Ini umumnya terjadi pada 10 sampai 14 hari sesudah kelahiran dan pada umur tiga minggu, 6 minggu, tiga bulan, dan enam bulan. Jika sang kecil kurang berasa lapar dari umumnya, adanya kemungkinan dia sedang merasakan tidak nikmat tubuh atau ada keadaan yang lain mengusik kesehatannya.

Saat dia habiskan susu formulasinya secara cepat selanjutnya dia mencari kembali, itu maknanya dia minta Anda untuk menambah susunya. Jika dia kelihatan masih lapar sesudah botol pertama habis, persiapkan cuman satu atau dua ounce dalam satu waktu minum. Bila Anda sediakan jumlah yang semakin lebih banyak, bayi Anda tidak bisa menghabiskannya dan Anda harus buang sufor yang masih ada tersebut.

Muntah sesudah minum susu jadi tanda jika dia mendapatkan ukuran yang kebanyakan. Bayi yang gumoh sesudah menyusu itu normal tetapi muntah tidak begitu. Anda perlu membandingkannya. Sakit di perut sesudah minum sufor menjadi pertanda jika jatah sufor yang Anda beri kebanyakan.

Bila bayi Anda menarik dua kakinya atau perutnya kelihatan tegang, kemungkinan dia alami sakit di perut. Tidak boleh selalu memberi respon rengekan bayi dengan memberikan botol susu. Pemicu tangisan bayi tidak selamanya bermakna dia lapar, loh Bunda. Jika dia menangis walau sebenarnya barusan habiskan susunya, kemungkinan hal tersebut disebabkan karena popoknya yang basah, ia kedinginan atau kepanasan, ia perlu disendawakan, atau dia cuma ingin sekadar bersisihan dengan Anda.

Di minggu awal, beri susu formulasi seperti keinginan bayi. Kemudian, tidak boleh terlalu berlebih dalam ukuran susu formulasi yang dia minum. Ini mempunyai tujuan supaya dia mempunyai berat tubuh yang sehat. Bayi baru lahir umumnya menyusu tiap beberapa saat. Mulai memberikan susu formulasi sekitar 1,5 sampai 2 ounce pada setiap waktu minum susu di minggu awal lalu tambahkan jadi 2 sampai 3 ounce pada setiap tiga atau empat jam.

Saat dia semakin bertambah umur dan perutnya semakin bertambah besar, sang kecil akan minum semakin sedikit sufor dalam satu hari tetapi yang mengandung formulasi yang semakin lebih banyak. Mendekati umur sebulan, misalkan, bayi cuma memerlukan lima sampai enam botol berisi 4 ounce susu formulasi di dalam 24 jam. Waktu mencapai umur enam bulan, keperluannya turun jadi empat sampai lima botol tetapi dengan ukuran bertambah jadi 6 sampai 8 ounce dalam satu hari.

Adanya kemungkinan dia terus akan konsumsi empat sampai lima botol sufor sampai dia mencapai umur setahun. Umur ini sebagai saat di mana dia beralih ke susu sapi murni, bersama dengan 3x makanan padat dan dua camilan antara waktu makan dalam satu hari.

Berikut pertanda bayi Anda sudah cukup memperoleh susu formulasi:

Bila Anda menggunakankan popok sekali saja pakai untuk sang kecil, dalam satu hari Anda akan menukarnya sekitar lima sampai 6x, atau enam sampai 8x jika Anda memakai popok kain.
Bayi Anda kelihatan santai dan kenyang sesudah minum sufor.
Ia terus alami tambahan berat tubuh sesudah dua minggu pertama kalinya dan menjaga skema perkembangan yang serupa pada usia setahun. Umumnya bayi kehilangan 10 % dari berat tubuh lahirnya dan kembali alami tambahan berat ketika capai umur dua minggu.

Jika Anda merasakan cemas bayi Anda mendapat terlampau sedikit atau kebanyakan susu formulasi, bahas pada dokter Anda. Dokter bisa mengecek berat tubuh dan perkembangan bayi Bunda, lalu memberitahukan Anda apa konsumsi formulasi yang dia terima telah sama sesuai secara berat dan umurnya atau memang belum. Dokter akan merekomendasikan beberapa rekonsilasi yang penting Anda kerjakan.