Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Permainan Hebat untuk Bayi 0-12 Bulan

Mamaenka - Aktivitas apa ya yang menggembirakan sekalian berguna buat sang kecil? Berikut ada daftar aktivitas yang bisa merajut ketergantungan Bunda dengan sang kecil. Aktivitas ini bisa menggerakkan sang kecil mempertajam ketrampilan-keterampilan penting.



Tetapi harus diingat oleh Bunda, setiap bayi mempunyai babak tumbuh berkembangnya sendiri . Maka tidak boleh cemas jika dia belum siap untuk aktivitas pada minggu ini. Menunda dahulu aktivitas itu untuk beberapa saat, lalu coba kembali pada beberapa minggu di depan.

1. Rattle Digoyangkan, Rattle Diputar

Kegiatan ini terbaik dengan memakai rattle, bermainan yang keluarkan bunyi saat digoyangkankan. Secara umum bayi berasa suka saat menyaksikan dan dengarkan bunyi yang dihasilakan rattle.

Kelompok Usia : Bayi baru lahir - tiga bulan

Ketrampilan : Dengarkan

Alat dan Bahan : Satu atau beberapa rattle

Sebetulnya Anda bisa memakai benda apa yang dapat hasilkan bunyi. Saat bayi tiduran, pegang rattle di muka mukanya lalu goyangkan perlahan-lahan. Gerakkan ke yang beda lalu goyangkan kembali. Awalannya bayi cuma memerhatikan peralihan lokasi rattle ada. Bunyi yang dibuat akan menarik perhatiannya. Tidak boleh bunyikan rattle terlampau keras karena akan membuat takut.

Bayi Anda akan sanggup mencari rattle dengan matanya bersamaan kecepatan perubahannya. Dia masih tetap terlampau muda untuk mencapai object di hadapannya, tetapi bila Anda menempatkan benda enteng dibuat dari kain atau plastik pada tangannya, dia akan meliukkan jari-jari dan gerakkan tangannya. Sang kecil akan mengetahui jika dia sanggup gerakkan suatu hal.sebuah hal. Anda akan menyaksikan gestur keceriaan di matanya.

2. Suara Lucu

Masih perlu waktu yang lama untuknya untuk bisa ucapkan kata pertama, tetapi tidak berarti bayi Anda belum mulai mengenal arah bahasa. Semua suara lucu yang keluar mulutnya, sebagai usaha awalnya dia berbicara. Makin Anda responsive, dia akan makin semangat untuk terlibat percakapan.

Kelompok Usia : Bayi baru lahir - empat bulan

Ketrampilan : Persiapan bicara, dengarkan

Alat dan Bahan : Khayalan dan suara Anda

Awali dengan menolong bayi Bunda ketahui beberapa suara lucu yang dapat ia bikin dengan mulutnya. Nantikan sampai dia keluarkan suara uniknya seperti "ahhh," lalu ulang kembali apakah yang dia katakan. Kerjakan ini sepanjang beberapa saat. Selanjutnya perlihatkan apakah yang dapat Anda kerjakan.

Bikinlah suara b-b-b dengan meniupkan udara keluar mulut sekalian menggoyahkan bibir Anda. Atau perlihatkan pergerakan memberikan ciuman dengan menempatkan jemari di mulut sekalian bernada "mmmuaahhh." Pada usia ini memanglah tidak kemungkinan dia mengikutikna suara persisi sama seperti yang Anda kerjakan. Tetapi dia akan terhibur dengan menyaksikan Anda melakukan.

3. Boneka Jemari Berbicara

Anda akan mengetahui jika bayi baru lahir Anda mempunyai penglihatan yang terbatas. Dia tidak bisa menyaksikan benda yang memiliki jarak jauh. Tetapi membawa object merapat ke penglihatannya dalam jarak sekitaran 8 sampai 10 inch dari mukanya. Kekuatan visual ini sebagai survival kemampuan untuknya.

Bayi dilahirkan diperlengkapi kekuatan untuk cari makan. Jarak 8 sampai 10 inch sama dalam jarak di antara mukanya dan muka Anda saat menyusui. Terus keduk kekuatan visual sang bayi dengan permainan boneka jemari simpel.

Kelompok Usia : Bayi baru lahir - empat bulan

Ketrampilan : Stimulan visual, hubungan

Alat dan Bahan : Satu set boneka jemari

Baringkan bayi atau tempatkan dia pada tempat duduknya. Pakai boneka jemari dan kenakan pada jemari telunjuk Anda di setiap tangan. Gerakkan tangan Anda perlahan-lahan ke arah garis pandang bayi dan tunggu hingga dia menyaksikannya. Lantas perkenalkna boneka padanya. Anda dapat ucapkana "Halo, nama saya Momo." Bengkokkan jemari Anda sampai seakan boneka membungkuk ke arahnya. Nantikan apa bayi Anda memberikan jawaban lalu teruskan dengan pembicaraan di antara sang bayi dan boneka.

Pada awal, tidak boleh mengharap bayi akan meng ikuti pergerakan boneka dengan mata dan kepalanya. Dia masih perlu dua atau 3 bulan kembali untuk meningkatkan ketrampilan ini. Diamkan saja dia nikmati hubungan bersama Anda. Pada tahapan ini yang paling penting ialah bermain, membuat ketergantungan dengan Anda, dan bergembira bersama sang kecil.

4. Saksikan dan Merasai

Pancing rasa ingin ketahui sang kecil dengan aktivitas ini. Panca indera, khususnya indera perabanya dapat makin terasah.

Kelompok Usia : Bayi baru lahir - 10 bulan

Ketrampilan : Koordinir tangan dan mata, sensitifitas sentuhan

Alat dan Bahan : Beberapa benda memiliki tekstur lembut seperti selendang sutra, bulu kemoceng yang bersih, kain satin dan beludru, dan benda dengan bulu seperti boneka hewan

Saat bayi telentang sibak pakaiannya dan sentuhkan beberapa benda barusan ke perutnya. Satu-satu, gosokkan setiap benda secara halus pada kulitnya, dan jelaskan kesan yang ia alami. Ucapkan, "Kain sutranya berasa lembut ya, De. Sampai licin pada kulit Ade." Atau "Bulu kemocengnya halus kan? Ade sampai kegelian ya." Jika dia telah sedikit besar dia akan berusaha raih object itu. Diamkan dia menggenggamnya. Bila benda itu bersih dan aman tidak apa dia menempatkannya di mulutnya.

5. Pijat Halus

Sentuhan halus Anda di kulitnya waktu memijat benar-benar menentramkan. Bayi Anda tercipta dengan indera sentuhan yang seutuhnya berkembang, dan itu ialah satu diantara langkah khusus sang kecil mengenali dunia luar.

Kelompok Usia : Bayi baru lahir - satu tahun

Ketrampilan : Stimulan panca indera

Alat dan Bahan : Minyak pijat bayi bermacam wewangian
Terlentangkan bayi, pastikan dia dapat menyaksikan Anda dan dia tidak merayap menjauh. Diamkan dia bergulir tanpa baju di atas kain atau handuk mandi. Jika temperatur ruang dingin, masih tetap pasangkan kaos dalamnya. Tuang sedikit minyak pijat ke tangan Anda lalu gosokkan di ke-2  tangan.

Selanjutnya secara halus pijatkan ke kulitnya dimulai dari sisi kaki. Putar jempol kakinya lalu pakai ibu jari Anda untuk menekan tumit kakinya. Teruskan pijatan ke kaki sisi atas, remas betis dan paha sang kecil secara halus.

Pada bagian dada dan perut, tempatkan ke-2  tangan di sisi tengah badan bayi, lalu gerakkan tangan menebar ke ke-2  segi. Gerakkannya seakan meratakan halaman buku. Pakai ujung jemari untuk membuat pergerakan lingkaran kecil. Terus kerjakan pijatan sepanjang dia kelihatan menyenanginya, dan stop saat dia berasa resah, mengalihkan muka, atau menguap.

6. Tangan Menari

Berikut ialah langkah menggembirakan untuk menstimuli kulit sensitifnya.

Kelompok Usia : Bayi baru lahir - 12 bulan

Ketrampilan : Sentuhan

Sebelumnya pernah kan Bunda jadikan jemari tangan seperti wujud kalajengking dengan melipat dan menyanggakkannya keduanya? Saat bayi tiduran untuk diganti popok dan pakaiannya terangkut hingga perutnya kelihatan, tempatkan jemari "kalajengking" Anda. Pastikan dia bisa menyaksikannya. Lantas gerakkan ke anggota badan yang lain, kadang-kadang berikan cubitan halus dengan capit kelajengking Anda.

Tidak boleh pakai sentuhan mengelitik karena akan membuat kaget. Anda dapat ucapkan, "Ada kalajengking kembali jalan di kaki Ade, terus dia ingin ke dalam hidung Ade …Hop… hop… hop…" Lantas teruskan gerakkan tangan Anda ke sisi atas badannya.