Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Penting Yang Harus Diberi Pada Bayi Anda

Mamaenka- Mempunyai bayi adalah karunia paling besar untuk pasangan suami-istri. Tetapi, dianggap atau mungkin tidak, mengasuh dan memperbesar buah kesayangan ialah sebuah rintangan yang memerlukan kesabaran dan ketekunan dari kedua pihak, terutamanya saat anak masih di bawah umur satu tahun.

Sudah pasti, Anda tidak harus jadi seorang ahli perubahan anak untuk dapat memulai hidup bayi Anda. Cinta dan perhatian yang ikhlas, dari sisi beberapa pengasuhan fundamental, ialah beberapa hal yang paling diperlukan bayi Anda.



Bunda ingin dapat memperlengkapi sang kecil dengan sebagus-baiknya? Di bawah ini beberapa langkah simpel yang bisa menolong bayi Anda mengambil langkah dan meningkatkan kekuatan dalam kehidupan seterusnya.

Perlihatkan kasih sayang Anda.

Tiap anak memerlukan cinta. Perhatian dan support dari Anda, orang tuanya, ialah dasar penting yang bisa memupuk keyakinan diri anak dalam mengeksploitasi dunia. Cinta, kasih-sayang, dan perhatian di 1-2 tahun awal kehidupan anak bisa memberikan dampak riil untuk perubahan psikis, fisik, dan emosional anak di masa datang. Karenanya, Bunda tidak boleh sangsi selalu untuk merengkuh, mencium, dan tersenyum pada buah kesayangan Anda. Janganlah lupa juga selalu untuk dengarkan, mendorongnya pada beberapa hal positif, dan bermain dengannya sebisa mungkin.

Saat anak menangis, tanggapan tangisannya secara cepat. Tetapi selalu penuhi kemauan bayi saat menangis tidak berarti Anda memanjakannya. Menurut ahli, memberi respon bayi saat geram, seperti memberi respon saat ia suka, malah menolong membuat keyakinan dan perkuat ikatan emosional di antara ibu dan anak.

Lihat keperluan dasar bayi Anda.

Bunda, bayi perlu energi dan kesehatan yang bagus agar berkembang dan tumbuh secara baik juga. Nach, pekerjaan Anda ialah menolong penuhi seluruh keperluan dasarnya. Misalkan teratur periksakan bayi ke klinik hingga berat tubuh dan perubahan yang lain terlihat. Janganlah lupa agenda imunisasinya ya, Bun.

Beberapa keperluan dasar bayi yang lain yang tidak bisa lepas dari pengamatan Anda ialah masalah tidur, makan, dan keperluan setiap hari. Untuk tidur, ini kadang menjadi satu diantara masalah paling besar untuk bayi . Maka, tolong buah kesayangan supaya gampang tidur dan nyenyak, ya? Triknya, dapat dengan membuat skema teratur waktu tidur, mengajarkan anak ketidaksamaan siang dan malam, atau mungkin dengan sistem sleep pelatihan yang lain.

Untuk makan, bayi seharusnya dikasih ASI eksklusif sepanjang enam bulan awal hidupnya supaya semua gizinya tercukupi. Disamping itu, ASI ialah salah satu makanan terbaik untuk bayi Anda. Bayi yang memperoleh ASI eksklusif umumnya jarang-jarang terserang alergi (seperti asma dan eczema), diare, permasalahan pernafasan, atau infeksi telinga. Waktu memberikan ASI, Anda harus memerhatikan contact mata dan sikap menyusui supaya terbebas dari infeksi telinga. Janganlah lupa merengkuhnya dengan penuh cinta, ya Bunda?

Selainnya makan dan tidur, Bunda perlu memerhatikan keperluan anak setiap hari. Pastikan bayi Anda nyaman. Bila ia berasa panas atau popoknya basah, selekasnya mengganti secepat-cepatnya. Anda dan bayi Anda ialah team, dan salah satunya pekerjaan Anda ialah jaga keperluan dasarnya hingga sang kecil dapat nyaman dalam hadapi "pekerjaan-tugasnya" yang melawan.
Mengajak bercakap bayi Anda.

Ini tidak kalah keutamaan, Bunda. Berbicaralah dengan bayi Anda dan rangsang ia untuk kembali berbicara. Responlah setiap ia coba berbicara karena ini akan membuat terpicu untuk ekspresikan dianya.

Kegiatan bercakap di antara ibu dan anak benar-benar menolong menjadikan "pembicara" yang bagus. Kekuatan komunikasi yang bagus ialah dasar dalam menolong anak saat tumbuh jadi dewasa. Disamping itu, komunikasi yang bagus membuat nantinya jalani hidup lebih berbahagia dan utuh.

Tahukah Bunda, Anda dapat ajak bercakap buah kesayangan Anda semenjak masih juga dalam kandungan lho . Maka, lakukan ajak bercakap janin sekalian mengelus-elus perut. Ini ialah cara yang bagus untuk mengawali proses bonding anak dan orangtua. Demikian bayi Anda lahir, teruskan rutinitas bercakap itu sekerap kemungkinan, seperti saat Anda menukar popok atau saat menyusuinya. Yakinlah Bunda, bayi akan memberi respon bila kata-kata itu diucap secara langsung padanya. Karenanya, selalu lihat mukanya saat Anda sedang bicara.

Kemungkinan berada di di antara Anda yang kebingungan, kata-kata apakah yang perlu diucap ke bayi Anda? Kata-kata biasa-biasa saja, Bunda. Tidak harus kata-kata mutiara, kok. Misalkan, "Dede saksikan kan, Bunda kembali nuang air hangat ke bak mandi Dede. Kelak Dede mandi ya, agar bersih dan harum." Katakan kata-kata itu dengan perlahan dan terang hingga bayi semakin lebih pahami sekalian belajar penyuaraan, vocal, dan kata-kata.
Lakukan membacakan narasi.

Membacakan anak narasi --dengan suara lantang-- adalah cara tepat dalam menolong anak meningkatkan kosakatanya. Selain itu, dengan membacakan anak narasi, anak akan terpicu berfantasi dan meningkatkan kekuatan berbahasanya, Anda akan suka sebab bisa habiskan waktu bersama buah kesayangan tersayang.

Umur berapakah bayi mulai bisa dibacakan narasi? Semenjak umur 6 bulan, anak bisa nikmati buku kecil simpel. Coba lakukan membacakan narasi saat akan tidur hingga membuat skema saat sebelum tidur dan anak akan terlatih tidur sendirinya sesudah dibacakan narasi. Sekarang ini, telah banyak buku untuk newborn yang lucu-lucu hingga mata bayi Anda ikut terbiasa menyaksikan beberapa gambar.
Beri ruangan gerak bebas.

Bayi perlu meningkatkan otot-otot, kesetimbangan, dan koordinir lho, Bunda. Karenanya, beri ruangan gerak bebas supaya bayi bebas merayap. Dengan ruangan gerakan yang luas, bayi Anda bisa mempelajari optimal tanpa dengar Anda menjelaskan "Tidak boleh" atau "Tidak boleh pegang" berkali-kali.

Coba beri satu ruangan khusus untuk bayi Anda bermain. Singkirkan beberapa barang yang hendak menghalangi ruangan geraknya, terhitung beberapa benda beresiko.
Berikan bayi Anda rintangan baru.

Tujuan hati ingin anak inovatif, apa daya ia justru frustrasi. Aduh, janganlah sampai ya Bunda. Sedapat mungkin jauhi membuat anak frustrasi dengan bermainan atau kegiatan yang terlampau jauh dari kekuatannya. Memang, anak perlu sedikit perjuangan supaya bisa meningkatkan diri. Tetapi saat kegiatan itu telah terlalu susah buat sang kecil, itu pertanda Anda harus turun tangan.

Sebagai contoh, bayi Anda sedang coba buka kotak. Diamkan ia coba. Tetapi saat ia terlihat berserah, bantulah membuka. Kemudian Bunda dapat menutupnya lagi dan biarkan ia coba kembali membuka.
Stimulan bayi Anda.

Bunda, bila Anda menginginkan anak Anda mengenali orang, tempat, atau beberapa benda, salah satunya langkah terbaik ialah melatih anak mengeksploitasi lingkungannya. Tiap hubungan baru memberikan anak info mengenai beberapa hal yang ingin dijumpainya.

Maka bila anak Anda tertarik bermain, coba siapkan bermacam bermainan dan object simpatisan yang lain. Supaya anak belajar waktu bermain, pilih bermainan secara bermacam-macam, struktur, warna, suara, dan berat. Anda juga bisa coba permainan interaktif seperti petak umpet.

Saat Anda ingin anak mengenali lingkungan luar, mengajak anak berbelanja bersama-sama dan diamkan ia menyaksikan beberapa orang baru di luar rumah. Ini akan menstimuli perubahan otak bayi Anda.

Lihat diri Anda.

Ini tidak kalah keutamaan lho, Bunda. Bila Anda telah berasa capek, umumnya Anda susah memberi respon keperluan bayi Anda. Nach, ini waktunya Anda memerhatikan diri kita karena bayi pun tidak bisa berkembang optimal bila Anda mengajarkannya dengan "bimbang."

Jadi orangtua memang meletihkan, dan lumrah bila kadang-kadang Anda perlu waktu untuk kembalikan energi yang terkuras. Minta pada pasangan Anda untuk menolong pekerjaan Anda sesaat, sedangkan Anda menentramkan diri dan istirahat. Bila Anda singgel parent, meminta kontribusi dan support beberapa orang paling dekat, entahlah keluarga atau teman dekat. Kadang-kadang Anda bisa kok menganakemaskan diri kita dengan lakukan beberapa hal yang Anda sukai.
Mencari pengasuh yang bagus.

Bila Anda working mom, Anda pasti perlu kontribusi seseorang untuk mengasuh anak Anda. Coba mencari daycare atau babysitter yang mempunyai pengetahuan perubahan dan kesehatan bayi yang oke. Mereka harus juga eksper, pengasih, dan mempunyai kesayangan pada anak.
Tetapi bila Anda kurang memercayai orang asing, sebaiknya Anda minta kontribusi keluarga untuk jaga buah kesayangan Anda sementara Anda bekerja.